Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan
ISSN 2301-7104
Vol. 7 / No. 6 / Published : 2018-12
Order : 5, and page :52 - 66
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Pengaruh gaya pengasuhan otoritatif dan dukungan sosial orangtua terhadap academic hardiness siswa kelas vi
Author :
- Vika Anggraeni*1
- Nur Ainy Fardana N.*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya pengasuhan otoritatif dan dukungan sosial orangtua terhadap academic hardiness siswa kelas VI SDIT Al Uswah Surabaya. Metode penelitian iniadalah kuantitatif dengan subjek 83 siswa. Alat pengumpulan data berupa kuesioner skala gaya pengasuhan otoritatif berdasarkan teori Baumrind (1967), dukungan sosial orangtua berdasarkan teori Sarafino (2011), dan academic hardiness berdasarkan teori Kobasha (1979). Ketiganya dikembangkan sendiri oleh peneliti. Analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil uji determinasi menunjukkan R2 sebesar 0,273 yang berarti pengaruh gaya pengasuhan otoritatif dan dukungan sosial orangtua secara simultan terhadap academic hardiness siswa adalah 27%. Secara parsial, nilai koefisien regresi gaya pengasuhan otoritatif terhadap academic hardiness adalah 46% dan nilai koefisien regresi dukungan sosial orangtua terhadap academic hardiness adalah 0,9%. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan gaya pengasuhan otoritatif terhadap academic hardiness siswa. Sedangkan variabel dukungan sosial orangtua tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap academic hardiness siswa.
Keyword :
academic hardiness, dukungan sosial, otoritatif,
References :
Rodrigo, M., & Byrne, S. (2011). Social Support and Personal Agency in At-Risk Mother. JournalPsychosocial Intervention, 20(1), 13-24.
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 7 / No. : 6 / Pub. : 2018-12 |
|