Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan
ISSN 2301-7104
Vol. 6 / No. 1 / Published : 2017-12
Order : 3, and page :24 - 39
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Pengaruh kecerdasan emosi dan efikasi diri terhadap stres akademik siswa di madrasah aliyah nurul islam desa bades kecamatan pasirian kabupaten lumajang
Author :
- Reny Sofyanti*1
- Prihastuti*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Di Madrasah Aliyah NURIS memiliki program unggulan Tahfidz Al-Qur’an guna meningkatkan mutu pendidikan. Program ini sudah 4 tahun berjalan namun tidak ada peningkatan dalam setiap tahunnya, sehingga membuat peserta didik berindikasi kearah stres akademik. Oleh sebab itu peneliti berasumsi bahwasanya indikasi stres akademik yang dialami peserta didik muncul akibat aspek kognitifnya yang kurang baik. Aspek kognitif disini di gambarkan melalui kecerdasan emosi dan efikasi diri peserta didik. Sehingga penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui apakah memang dua aspek kognitif tersebut mampu merendahkan terjadinya stres akademik siswa di Madrasah Aliyah Nurul Islam. Hipotesis dari penelitian ini adanya pengaruh antara kecerdasan emosi dan efikasi diri terhadap stres akademik. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosi dan efikasi diri terhadap stres akademik. Hal tersebut dapat dinyatakan dengan nilai F sebesar 4.919 dengan signifikansi 0,013 atau lebih kecil dari 0.05.
Keyword :
efikasi diri, kecerdasan emosi, stress akademik,
References :
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 6 / No. : 1 / Pub. : 2017-12 |
|