Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan
ISSN 2301-7104
Vol. 7 / No. 3 / Published : 2018-06
Order : 1, and page :1 - 12
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Penyesuaian sosial siswa slow learner di smp inklusi pada tahun pertama
Author :
- Vicky Nadia*1
- Nur Ainy Fardana N.*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyesuaian sosial siswa slow learner di sekolah inklusi pada tahun pertama dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. terhadap suatu situasi, realitas dan hubungan sosial sehingga terpenuhinya tuntutan hidup dalam bermasyarakat dan memberikan rasa kepuasan bagi dirinya dan lingkungan sekitarnya (Schneiders, 1964). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus intrinsik. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa slow learner yang bersekolah di sekolah inklusi pada tahun pertama. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumen, dengan teknik analisis tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga sujek tidak mampu memahami guna peraturan sekolah, sehingga mengalami permasalahan dalam mengikuti kegiatan sekolah. Sedangkan dalam hal relasi sosial, ketiga subjek mampu menjalin hubungan pertemanan, namun subjek tidak memiliki inisiatif untuk memulai pembicaraan, pendiam/penonton pasif, dan lebih memilih menyendiri daripada bermain dengan teman-teman lainnya.
Keyword :
penyesuaian sosial, sekolah inklusi, slow learner,
References :
Triani, N., & Amir. (2016). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Lamban Belajar, Slow learner. Jakarta: PT Luxima Metro Media.
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 7 / No. : 3 / Pub. : 2018-06 |
|