Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan
ISSN 2301-7104
Vol. 7 / No. 2 / Published : 2018-04
Order : 6, and page :46 - 58
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Perbedaan self-regulated learning ditinjau dari valensi achievement emotions pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi
Author :
- Nadia Ratu Anissa*1
- Primatia Yogi Wulandari*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan self-regulated learning ditinjau dari valensi achievement emotions pada mahasiswa yang sedang skripsi. Pengerjaan skripsi yang bersifat mandiri membuat self-regulated learning memiliki peran penting dalam menyelesaikan skripsi. Penelitian ini dilakukan pada 124 mahasiswa berusia 20-24 tahun yang sedang mengerjakan skripsi, dipilih dengan metode non-random sampling dan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian adalah survei menggunakan modifikasi skala Learning-related Achievement Emotion Questionnaire milik Pekrun (2005) dan Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) yang diciptakan oleh Pintrich, dkk (1991), namun telah dimodifikasi oleh Boyer & Usinger (2012). Reliabilitas emosi positif Learning-related AEQ adalah 0,931; emosi negatif Learning-related AEQ adalah 0.953; dan MSLQ adalah 0,957. Analisis data dilakukan dengan teknik uji komparasi Mann-Whitney Test dan menunjukkan adanya perbedaan self-regulated learning ditinjau dari valensi achievement emotions pada mahasiswa yang sedang skripsi dengan taraf signifikansi 0,000 (p Sig.< 0,05).
Keyword :
achievement emotions, mahasiswa, self-regulated learning, skripsi,
References :
Schutz, P. A., & Pekrun, R. E. (2007). Emotion in education. Elsevier Academic Press.
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 7 / No. : 2 / Pub. : 2018-04 |
|