UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 7 / No. 2 / Published : 2018-04

Order : 6, and page :46 - 58

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Perbedaan self-regulated learning ditinjau dari valensi achievement emotions pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi

Author :

  1. Nadia Ratu Anissa*1
  2. Primatia Yogi Wulandari*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan self-regulated learning ditinjau dari valensi achievement emotions pada mahasiswa yang sedang skripsi. Pengerjaan skripsi yang bersifat mandiri membuat self-regulated learning memiliki peran penting dalam menyelesaikan skripsi. Penelitian ini dilakukan pada 124 mahasiswa berusia 20-24 tahun yang sedang mengerjakan skripsi, dipilih dengan metode non-random sampling dan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian adalah survei menggunakan modifikasi skala Learning-related Achievement Emotion Questionnaire milik Pekrun (2005) dan Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) yang diciptakan oleh Pintrich, dkk (1991), namun telah dimodifikasi oleh Boyer & Usinger (2012). Reliabilitas emosi positif Learning-related AEQ adalah 0,931; emosi negatif Learning-related AEQ adalah 0.953; dan MSLQ adalah 0,957. Analisis data dilakukan dengan teknik uji komparasi Mann-Whitney Test dan menunjukkan adanya perbedaan self-regulated learning ditinjau dari valensi achievement emotions pada mahasiswa yang sedang skripsi dengan taraf signifikansi 0,000 (p Sig.< 0,05).

Keyword :

achievement emotions, mahasiswa, self-regulated learning, skripsi,


References :

Schutz, P. A., & Pekrun, R. E. (2007). Emotion in education. Elsevier Academic Press.





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 7 / No. : 2 / Pub. : 2018-04
  1. Hubungan Antara Persepsi Dukungan Keluarga Dengan Kecemasan Menghadapi Pensiun Pada Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kota Surabaya
  2. Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Stres Pengasuhan Pada Ibu Dengan Anak Down Syndrome
  3. Hubungan Antara Fear Of Missing Out Dengan Intensitas Penggunaan Jejaring Sosial Pada Mahasiswa Universitas Airlangga
  4. Perbedaan Kemandirian Remaja Akhir Putri Yang Memiliki Asisten Rumah Tangga Dan Yang Tidak Memiliki Asisten Rumah Tangga
  5. Hubungan Antara Sikap Siswa Terhadap Sekolah Dengan Kecenderungan Kenakalan Remaja Di Madrasah Tsanawiyah X Dan Y Kota Malang
  6. Perbedaan Self-regulated Learning Ditinjau Dari Valensi Achievement Emotions Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi
  7. Hubungan Antara Kelekatan Pada Orangtua Dan Self-esteem Pada Remaja Dengan Status Middle-child Born