UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-12

Order : 8, and page :213 - 220

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Strategi orangtua dalam mengembangkan kreativitas anak gifted

Author :

  1. HIDAYATUL MASRUROH*1
  2. IWAN WAHYU WIDAYAT*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran strategi orangtua dalam mengembangkan kreativitas anak gifted. Anak gifted merupakan anak yang memiliki kemampuan di atas rata-rata (intelektual yang tinggi), kreativitas yang tinggi, dan komitmen terhadap tugas yang tinggi (Renzulli, 2005). Kreativitas yang merupakan salah satu potensi yang dimiliki oleh anak gifted perlu dikembangkan mengingat potensi tersebut memiliki peran penting dalam semua bidang kehidupan. Ketika kreativitas dapat berkembang dengan optimal maka akan memberi sumbangan yang luar biasa kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus instrumental. Subjek penelitian terdiri dari empat orangtua yang memiliki anak gifted. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, studi dokumen, serta materi audio dan visual kemudian dianalisis menggunakan metode analisis tematik. Berdasarkan pada hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat tujuh strategi yang digunakan oleh orangtua dalam mengembangkan kreativitas anak gifted. Ketujuh strategi tersebut adalah aktivitas eksplorasi umum, aktivitas pilihan individu, proyek individu, bertukar ide, penyediaan fasilitas, pendorong, dan apresiasi.

Keyword :

strategi, orangtua, kreativitas, anak gifted,


References :

Davis, G. A,(2012) Anak berbakat dan pendidikan keberbakatan: Suatu buku panduan untuk guru dan orangtua Jakarta : PT. Indeks





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-12
  1. Dinamika Emosi Remaja Perempuan Yang Sedang Mengalami Kekerasan Dalam Pacaran
  2. Resiliensi Remaja Putri Terhadap Problematika Pasca Orangtua Bercerai
  3. Hubungan Self-efficacy Dengan Penyesuaian Diri Terhadap Perguruan Tinggi Pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga
  4. Perbedaan Self-regulated Learning Siswa Sma Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Pola Asuh Orangtua
  5. Peran Pendidik Paud Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembelajaran Sentra Dan Lingkaran
  6. Gaya Penyelesaian Konflik Perkawinan Pada Pasangan Dual Earner
  7. Pengaruh Komparasi Sosial Pada Model Dalam Iklan Kecantikan Di Televisi Terhadap Body Image Remaja Putri Yang Obesitas
  8. Strategi Orangtua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Gifted
  9. Psychological Well-being Pada Guru Yang Telah Menjalani Masa Pensiun