UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Komunitas

ISSN 2303-1166

Vol. 8 / No. 1 / Published : 2019-01

Order : 4, and page :1 - 19

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Konstruksi sosial konsumen mengenai platform belanja online shopee (pola konsumsi pada mahasiswi milenial surabaya)

Author :

  1. Rizky Widiaputri *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Fenomena belanja online menjadi sebuah aktivitas baru dalam berbelanja yang sedang digemari belakangan ini. Kemunculan berbagai macam platform belanja online membuat para konsumen semakin memiliki kebebasan dalam menentukan pilihannya. Salah satu aplikasi belanja online yang menjadi fokus dalam penelitian kali ini adalah shopee. Pada Penelitian ini akan membahas mengenai “Konstruksi sosial konsumen mengenai platform belanja online shopee”. Penelitian ini menggunakan Teori dari Peter Berger dan Thomas luckman yakni konstruksi sosial serta kebaruan teori konstruksi sosial yang ditulis oleh Burhan Bungin yang berjudul konstruksi sosial media massa serta menggunakan teori pendukung mengenai masyarakat kapitalis, masyarakat konsumen, gaya hidup, iklan, dan budaya populer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan konstruksi sosial. Pada Penelitian ini terdapat delapan informan yang menjadi sumber informasi. Sumber informasi tersebut adalah mereka yang berusia 18-25 tahun, berdomisili di Kota Surabaya, serta mahasiswi aktif di perguruan tinggi Kota Surabaya.             Studi yang dilakukan secara kualitatif terhadap delapan orang informan menghasilkan kesimpulan secara umum dan khusus. Secara umum, studi ini menemukan bahwa proses konstruksi sosial konsumen tentang shopee sangat ditentukan oleh pikiran yang terdapat di berbagai media internet. Di sini sangatlah jelas bahwa iklan memainkan peran yang sangat penting dalam membentuk kesadaran konsumen, kesan konsumen, serta proses dialketika simultan yang menyertai proses konstruksi sosial. Secara lebih khusus, studi ini juga menghasilkan lima kesimpulan pokok. Harga yang kompetitif, kemudahan berbelanja yang diperlihatkan melalui waktu yang lebih hemat dan pilihan yang sangat beragam, ongkos kirim yang murah, serta berbagai promo yang menarik melalui koin dan poin, adalah alasan - alasan yang pada umumnya merupakan pertimbangan dalam membuat keputusan untuk berbelanja di  Platform shopee.             Para informan yang diteliti memperlihatkan kesulitan dalam membedakan di antara kebutuhan (needs) dan keinginan (wants). Mereka sering gagal menghasilkan batasan yang jelas di antara kedua hal tersebut. Selain alasan itu studi ini juga menemukan bahwa berbelanja di platform shopee menghasilkan apa yang oleh informan disebut dengan pengalaman baru yang melibatkan kesenangan (fun) dan kepuasan emosional (emotional satisfaction) yang dalam. Para informan sungguh mengindahkan hasil ulasan yang diberikan oleh konsumen shopee. Mereka menggunakan review sebagai reference group dalam mempertimbangkan sebuah keputusan untuk membeli. Studi ini memperlihatkan sebuah bentuk baru dari relasi di antara individu dan iklan

Keyword :

shopee, online shoping, konsumen, konstruksi sosial,


References :

Suyanto, Bagong,(2013) Sosiologi Ekonomi Kapitalisme dan konsumsi di Era Masyarakat Post-Modernisme. 1 : Jakarta :Kencana Prenadamedia Group





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 8 / No. : 1 / Pub. : 2019-01
  1. Istri Dengan Hiv/aids, Studi Fenomenologi Di Kota Surabaya
  2. Konstruksi Masyarakat Miskin Terhadap Program Kampung Kb (studi Di Desa Nogosari, Mojokerto)
  3. Kehidupan Lansia Di Perkotaan (studi Tentang Reproduksi Nilai Lansia Bagi Keluarga Lansia Di Dandangan, Kota Kediri)
  4. Konstruksi Sosial Konsumen Mengenai Platform Belanja Online Shopee (pola Konsumsi Pada Mahasiswi Milenial Surabaya)
  5. Institusi Total Sebagai Bagian Dari Kontrol Sosial Di Lpka Kelas I Blitar, Jawa Timur
  6. Gaya Hidup Vapor Di Kalangan Masyarakat Modern (studi Tentang Masyarakat Modern Di Kota Gresik)
  7. Mekanisme Survival Pengusaha Industri Rumahan Kopiah Dalam Menghadapi Persaingan
  8. Keluarga Tanpa Anak (studi Mengenai Dominasi Patriarki Pada Perempuan Jawa Tanpa Anak Di Pedesaan)
  9. Orangtua Anak Tunagrahita Dalam Memaknai Stigma Masyarakat Kepada Anak (studi Mengenai Pemaknaan Orangtua Anak Tunagrahita Dalam Memaknai Stigma Masyarakat Yang Diberikan Pada Anak)
  10. Aspirasi Dan Eksplorasi Siswa Terhadap Pekerjaan Dan Kaitannya Dengan Pilihan Siswa Untuk Masuk Smk (studi Eksplanatif Pada Siswa Smk Di Kota Surabaya)