Libri-Net
ISSN
Vol. 6 / No. 3 / Published : 2017-03
Order : 35, and page :69 - 70
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Persepsi pengguna pada layanan arsip statis di arsip universitas gadjah mada
Author :
- Erna Sari*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Keberadaan unit kearsipan di perguruan tinggi menjadi hal penting sebagai pusat informasi perguruan tinggi. Arsip perguruan tinggi dibentuk untuk menyelamatkan arsip penting yang berkaitan dengan fungsi perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Tugas utama Arsip perguruan tinggi adalah mengelola arsip – arsip perguruan tinggi baik arsip dinamis maupun statis dan memberikan layanan arsip kepada pengguna yang membutuhkan arsip. Layanan arsip bertugas memberikan layanan berupa informasi atau jasa lainnya kepada pengguna yang memerlukan data arsip yang dimiliki oleh lembaga kearsipan seperti unit kearsipan perguruan tinggi. Keberhasilan sebuah lembaga kearsipan selain ditentukan dari pengelolaan arsip yang baik, yaitu layanan yang diberikan kepada pengguna yang diukur dari tingkat kepuasan penilaian pengguna dalam menggunakan dan memanfaatkan layanan yang ditawarkan berdasarkan pada petugas layanan dan fasilitas layanan yang ditawarkan. Penelitian ini dilakukan di Arsip UGM menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan pengambilan data melalui kuesioner dan dperkuat dengan wawancara. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 40 pengguna. teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Accidental sampling yaitu siapa saja yang berkunjung di Arsip UGM yang berpeluang menjadi responden. Hasil dari penelitian menunjukkan persepsi pengguna atas layanan arsip statis ditinjau dari segi petugas dan fasilitas layanan secara keseluruhan adalah Baik.
Keyword :
Persepsi Pengguna, Layanan Arsip Statis, Petugas Layanan, Fasilitas,
References :
Putri, Iagza LAsita,(2014) Analisa Kesesuaian Harapan dan Persepsi Pengguna (Mahasiswa Sejarah) Mengenai Kualitas Layanan Arsip Berdasarkan Lima (5) Dimensi Kualitas Jasa (Servqual) di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur - : -
Sumrahyadi,(2009) Kelembagaan yang proporsional, efisien dan efektif untuk mendukung reformasi birokrasi dalam mewujudkan good governance. - : ANRI
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 6 / No. : 3 / Pub. : 2017-03 |
|