MOZAIK HUMANIORA
ISSN 2442-8469
Vol. 15 / No. 1 / Published : 2015-01
Order : 5, and page :54 - 66
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Sport hegemony in media: a case study on jawa pos’ dbl
Author :
- Lastiko Endi Rahmantyo*1
- Gesang Manggala Nugraha Putra*2
- Dadung Ibnu Muktiono*3
- Dosen Fakultas Ilmu Budaya
- Dosen Fakultas Ilmu Budaya
- Dosen Fakultas Ilmu Budaya
Abstract :
Seperti halnya produk budaya lain, olahraga tidak lepas dari kontestasi makna antara produsen dan konsumen. Kontestasi tersebut muncul di dalam pemberitaan DBL (Development Basketball League)di Jawa Pos. DBL dibahas dalam suplemen Sportainment di Jawa Pos yang secara khusus membahas tentang olahraga dan bagaimana olahraga menjadi gaya hidup. Penelitian ini menitikberatkan pada pemberitaan tentang DBL (Development Basketball League) yang digagas oleh Jawa Pos Group dan menjadi kompetisi basket SMA terbesar di Indonesia. Lebih khusus, penelitian ini berupaya untuk mengetahui bagaimana Jawa Pos menggambarkan dan memaknai Development Basketball League (DBL) sebagai olahraga populer. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang mengambil data pada pemberitaan DBL di Jawa Pos periode Maret-Juni 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hegemoni DBL di Jawa Pos muncul pada pola penulisannya yang menitikberatkan pada storytelling dan lebih menekankan pada soft news dibanding hard news. Pola penulisan tersebut menjadikan Jawa Pos sebagai power-bloc yang mengokohkan basket sebagai olahraga populer di Indonesia, khususnya di kalangan remaja. Hal tersebut membuat DBL sebagai salah satu penanda identitas remaja, terutama yang mengonsumsi DBL sebagai salah satu produk budaya populer.Kata kunci : DBL, identitas, Jawa Pos, power-bloc, soft newsAbstractAs with other cultural products, sports can not be separated from the contestation of meaning between producers and consumers. The contestation appeared in the coverage of DBL (Development Basketball League) in Jawa Pos. DBL is discussed in Sportainment supplement in Jawa Pos that specifically discusses the sport and sport lifestyle. This study focuses on DBL (Development Basketball League), which is initiated by the Jawa Pos Group and is the largest high school basketball competition in Indonesia. More specifically, the study sought to analize how Jawa Pos describe and signify Development Basketball League (DBL) as a popular sport. The method used is a qualitative method and data were news about DBL in Jawa Pos from March to June 2013. The results of analysis show that the hegemony of DBL in Jawa Pos appears on the writing pattern focusing on storytelling style and has more emphasis on “soft news” rather than “hard news”. The writing pattern makes Jawa Pos a power-bloc which cemented basketball as a popular sport in Indonesia, especially among teenagers. It makes DBL as one identity marker for adolescents, taking DBL as one of the products of popular culture.Keywords: DBL, identity, Jawa Pos, power-bloc, soft news.
Keyword :
DBL, identity, Jawa Pos, power-bloc, soft news,
References :
Mufti, Riza Roidila,(2013) Analisis Wacana Kritis Komodifikasi Development Basketball League 2013 Melalui Teks Pemberitaan Jawa Pos. 251–266 : Commonline 2 (3)
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 15 / No. : 1 / Pub. : 2015-01 |
|