MOZAIK HUMANIORA
ISSN 2442-8469
Vol. 15 / No. 1 / Published : 2015-01
Order : 4, and page :44 - 53
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
The use of pictures in scaffolding young efl learners in writing
Author :
- Hazem Al Jaddan*1
- Department of TESL, The English and Foreign Languages University
Abstract :
Prestasi siswa pembelajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing dalam menulis deskripsi dapat ditingkatkan jika alat bantu dan metode pembelajaran dilakukan dengan tepat. Penelitian ini berkaitan dengan penggunaan gambar sebagai alat bantu yang bertahap kepada pembelajar yang duduk di kelas 6 sekolah dasar di Aleppo, Suriah, ketika mereka menulis deskripsi orang dan tempat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambar dapat membantu pembelajar atau siswa secara bertahap dalam proses menulis deskripsi di ZPD (Zone of Proximal Development) dan apakah gambar tersebut merupakan alat yang cukup tepat untuk scaffolding (membantu siswa secara bertahap). Data dikumpulkan dari hasil tulisan siswa yang diklasifikasikan berdasarkan tiga criteria: jumlah kata, penyelesaian tugas, dan informasi tambahan. Kemudian, data tersebut dianalisa berdasarkan tiga tahap; kata, kalimat, dan paragraf. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menuliskan deskripsi orang, penggunaan gambar dikatakan tidak terlalu efektif membantu siswa. Hal ini dapat terlihat di jumlah kata yang ditulis siswa dan informasi tambahan yang diberikan siswa dalam merespons gambar sangat terbatas. Sebaliknya, gambar dikatakan cukup efektif untuk membantu siswa menulis deskripsi tempat secara bertahap. Hal ini dapat ditunjukkan dengan kemampuan siswa untuk menggabungkan dan mengembangkan ide-ide mereka yang ditunjukkan dengan penggunaan kata depan pada level kalimat dan paragraf. Penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi pengajar dalam mengembangkan alat bantu pengajaran dalam bentuk gambar untuk mengajar menulis, sehingga kualitas tulisan deskripsi siswa meningkat.Kata kunci: gambar, penulisan deskriptif, scaffolding, ZPDAbstractThe present study focuses on pictures used as scaffolding for thirty sixth grade students in Aleppo, Syria, in writing descriptions of people and places. This study aims to figure out how pictures scaffold the students in descriptive writing and whether or not pictures are adequate to scaffold the students in ZPD (Zone of Proximal Development). For this purpose, some tasks of descriptive writing were designed with pictures to aid descriptions of people and places. The data gathered from the students’ responses were analyzed based on three criteria: number of words, completion of the tasks, additional information. Further, the responses were analyzed at three levels: word, sentence and paragraph. The study has found that in the describing people, pictures are not effective in supporting children. On contrary, pictures effectively did scaffold the students in writing description of places. This was elicited from the students’ ability to elaborate and expand ideas through the use of prepositions at the level of sentences as well as paragraph. The implication of this is that teachers could incorporate scaffolding through the visual input to enhance the descriptive writing of their students.Keywords: descriptive writing, picture, scaffolding, ZPD
Keyword :
descriptive writing, picture, scaffolding, ZPD,
References :
Swain, M, and S Lapkin,(1998) nteraction and Second Language Learning: Two Adolescent French Immersion Students Working Together. (3): 320-337 : Language Journal 82
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 15 / No. : 1 / Pub. : 2015-01 |
|