Commonline
ISSN
Vol. 3 / No. 1 / Published : 2014-06
Order : 3, and page :98 - 109
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Motif pendengar aktif program ebs nine one one dalam mendengarkan dan mengirimkan sms pada fitur sos number
Author :
- Gita Gowinda Avia Feiz *1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
ABSTRAK Studi ini mengkaji motif pendengar aktif radio EBS FM yang mengikuti fitur SOS Number dalam Program Nine One One.Penelitian ini menarik diteliti karena radio saat ini tergolong media konvesional masih digunakan anak muda bersosialisasi dengan lingkungan. Melalui penelitian ini, peneliti ingin mengetahui motif pendengar dalam mengikuti fitur SOS Number di Radio EBS FM. Kerangka teori penelitian ini menggunakan teori uses and gratification. Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif dengan tujuan untuk membuat deskripsi secara akurat tentang fakta dan sifat populasi atau objek penelitian. Tipe penelitian ini didahului oleh kerangka konsep serta landasan teori. Melalui kerangka konseptual, peneliti melakukan operasionalisasi variabel beserta indikatornya. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa motif yang menjadi alasan responden dalam mendengarkan program siaran EBS Nine One One fitur SOS Number, motif paling mendominasi adalah Motif Identitas Personal. Motif yang menempati urutan kedua adalah Motif Informasi diikuti dengan Motif Hubungan Personal, dan motif paling rendah adalah Motif Pengalihan. Kata Kunci: Motif pendengar Radio EBS, Program Radio SOS Number, Motif pendengar radio
Keyword :
ABSTRAK Studi ini mengkaji motif pendengar aktif radio EBS FM yang mengikuti fitur SOS Number dalam Program Nine One One.Penelitian ini menarik diteliti karena radio saat ini tergolong media konvesional masih digunakan anak muda bersosialisasi dengan lingkungan. Melalui penelitian ini, peneliti ingin mengetahui motif pendengar dalam mengikuti fitur SOS Number di Radio EBS FM. Kerangka teori penelitian ini menggunakan teori uses and gratification. Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif dengan tujuan untuk membuat deskripsi secara akurat tentang fakta dan sifat populasi atau objek penelitian. Tipe penelitian ini didahului oleh kerangka konsep serta landasan teori. Melalui kerangka konseptual, peneliti melakukan operasionalisasi variabel beserta indikatornya. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa motif yang menjadi alasan responden dalam mendengarkan program siaran EBS Nine One One fitur SOS Number, motif paling mendominasi adalah Motif Identitas Personal. Motif yang menempati urutan kedua adalah Motif Informasi diikuti dengan Motif Hubungan Personal, dan motif paling rendah adalah Motif Pengalihan. Kata Kunci: Motif pendengar Radio EBS, Program Radio SOS Number, Motif pendengar radio, Program Radio SOS Numbe, Motif pendengar radio,
References :
McQuail, Dennis. ,(1987) Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Edisi Kedua. Terjemahan oleh Agus Dharma & Aminuddin Ram. Jakarta : Erlangga
Wiryanto,(2004) Pengantar Ilmu Komunikasi Jakarta : Grassindo
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 3 / No. : 1 / Pub. : 2014-04 |
|