UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

INSAN Media Psikologi

ISSN 1411-2671 (Cetak); 2310-7945 (Online)

Vol. 17 / No. 3 / Published : 2015-12

Order : 1, and page :1 - 23

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Efektifitas metode pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan prestasi belajar dan ketrampilan sosial pada siswa sekolah dasar inklusi di kabupaten tuban

Author :

  1. Anindya Purnama*1
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan prestasi belajar dan ketrampilan sosial siswa pada sekolah inklusi di Kabupaten Tuban.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dan desain nonradomized pretest-posttest control group design. Penelitian in menggunakan sampel berjumlah 40 siswa kelas III SDN X Tuban yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Uji reliabilias menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data untuk pengujian hasil penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test sample relateddengan olah data menggunakan program SPSS 22.0.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar dan ketrampilan sosial siswa pada sekolah dasar inklusi di Tuban. Ujit-test sample related menunjukkan pada tes prestasi belajar adalah 0,05< 3,663 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan untuk ketrampilan sosial meningkat sebesar 71,1%, kategori kuat.

Keyword :

Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Prestasi Belajar, Ketrampilan sosial,


References :

Johnson, D.W & Johnson, R.T.,(2004) Cooperative learning methods : A meta analysis. 12. 1. 5-24. : Journal of research in education





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 17 / No. : 3 / Pub. : 2015-12
  1. Efektifitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Ketrampilan Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar Inklusi Di Kabupaten Tuban
  2. Hubungan Antara Stres Kerja Dan Kecerdasan Emosi Dengan Kualitas Pelayanan Keperawatan Di Xyz
  3. Analisis Survei Kesehatan Organisasi Dan Saran Intervensi Terhadap 14 Bagian Di Kantor X
  4. Pengaruh Expressive Arts Therapy Terhadap Dimensi Psychological Well Being Pada Anak Jalanan Di Jaringan Xyz
  5. Efektivitas Program Intervensi Kohesivitas Untuk Mengurangi Konflik Antar Kohort Pada Pekerja