Jurnal Politik Muda
ISSN 2302-8068
Vol. 7 / No. 3 / Published : 2019-11
Order : 7, and page :80 - 92
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Strategi pemenangan calon legislatif terpilih yang berlatar belakang pengusaha dalam pemilihah legislatif tahun 2014 di kabupaten sidoarjo
Author :
- Kevin Wijayanata Valentino Nyoto Hadi*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Penelitian ini membahas tentang studi marketing politik dalam strategi pemenangan politik calon terpilih yang berlatar belakang pengusaha pada pemilihan legislatif tahun 2014 di Kabupaten Sidoarjo. Keberhasilan calon legislatif yang berlatar belakang pengusaha memenangkan persaingan politik pada proses pemilihan legislatif tahun 2014 di Kabupaten Sidoarjo merupakan keberhasilan dalam mempromosikan diri dan meyakinkan pemilih. Proses tersebut dilakukan saat kampanye dengan strategi marketing politik untuk meraup dukungan suara dari pemilih. Fokus penelitian ini untuk mendeskripsikan marketing politik yang dilakukan oleh calon legislatif terpilih yang berlatar belakang pengusaha pada pemilihan legislatif DPRD Kabupaten Sidoarjo tahun 2014. Teori yang digunakan menganalisis penelitian ini yaitu teori marketing politik. Teori marketing politik merupakan penerapan konsep dan metode marketing ke dalam ranah politik. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Anggota legislatif yang berlatar belakang pengusaha ini memiliki pengalama n dalam mengelola usaha sehingga mereka mengerti bagaimana penerapan konsep dan metode dari marketing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa marketing politik yang dilakukan oleh calon legislatif yang berlatar belakang pengusaha didasarkan pada lingkungan internal dan modal sosial yang dimiliki. Saat melakukan kampanye menekankan kepada pembentukan citra positif dari calon legislatif tersebut. Pengusaha dalam menghadapi persaingan politik pemilihan legislatif di Kabupaten Sidoarjo memanfaatkan modal jejaring usaha mereka untuk mempengaruhi dukungan dan meraup suara sebanyak mungkin.
Keyword :
marketing politik, pemilu legislatif, partai politik,
References :
Gufron, Achmad ,(2015) Strategi Pemasaran Politik DPC Partai Gerindra Kota Semarang Dalam Pemilu Legislatif Tahun 2014 -- : Jurnal Departemen Politik dan Pemerintahan
Marian,(2013) Communication And Political Marketing -- : International Relations Research dan Science
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 7 / No. : 3 / Pub. : 2019-11 |
|