UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 4 / No. 3 / Published : 2015-12

Order : 6, and page :195 - 201

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

paradigma belajar guru bersertifikasi

Author :

  1. Nur Prima Larast*1
  2. Aryani Tri Wrastar*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui paradigma belajar pada guru bersertifikasi. Paradigma belajar yang dimaksud adalah paradigma yang dikaitkan pada paradigma belajar lama yang mengacu pada pemenuhan in-sevice training dalam pemenuhan standar guru profesional yang dicanangkan oleh pemerintah dan paradigma baru yang mengacu pada belajar dalam rangka menghadapi tantangan yang akan dihadapi oleh para siswa. Penelitian dilakukan pada guru bersertifikasi. Subjek penelitian ini berjumlah tiga orang guru bersertifikasi. Tipe penelitian ini adalah kualitatif, dengan metode yang dipilih adalah studi kasus. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa paradigma belajar guru bersertifikasi masih dominan dalam paradigma belajar lama, yaitu adanya penekanan pentingnya guru memiliki pengetahuan baik yang diperoleh melalui pelatihan pre-service dan in-service, tujuannya meyakinkan bahwa mereka memiliki standar dasar menjadi guru yang profesional. Sisi lain juga menunjukkan, bahwa di dalam diri guru memiliki keinginan bukan hanya sekedar pengajaran dan pembelajarannya untuk memenuhi pelatihan in-service yang ada, namun, juga mementingkan suatu ketepatan pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswanya, berdasarkan pengalaman belajarnya. Hal tersebut mengacu pada paradigma belajar baru yang memperhatikan adanya tantangan yang dihadapi sekolah, lingkungan

Keyword :

Paradigma belajar, Sertifikasi guru,


References :

Yeigh, T,(2008) Quality Teaching&Professional Learning: Uncritical Reflections of a Critical Friend. Vol.33 : Australian Journal of Teacher Education.





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 3 / Pub. : 2015-12
  1. Perbedaan Gaya Penyelesaian Konflik Dengan Mertua Pada Menantu Perempuan Yang Bekerja Dan Menantu Perempuan Yang Tidak Bekerja
  2. Perbedaan Self-regulated Learning Pada Mahasiswa Universitas Airlangga Ditinjau Dari Status Perkawinan Dan Goal Orientation
  3. Hubungan Antara Persepsi Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Remaja Di Smk Negeri X Surabaya
  4. Hubungan Antara Perfeksionisme Dengan Perencanaan Karir Pada Siswa Cerdas Istimewa Sman 5 Surabaya
  5. Hubungan Antara Self Esteem Dengan Kecenderungan Sibling Rivalry Pada Remaja
  6. Paradigma Belajar Guru Bersertifikasi
  7. Perbedaan Intimasi Ditinjau Dari Gender Yang Dilakukan Oleh Butchy Dan Femme Pada Perempuan Lesbian Dewasa Awal
  8. Hubungan Antara Identitas Peran Pekerja Dengan Keterlibatan Ibu Yang Bekerja Pada Pendidikan Anak Usia Dini