Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan
ISSN 2301-7104
Vol. 7 / No. 5 / Published : 2018-10
Order : 2, and page :8 - 28
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Pengaruh pola asuh (authoritative, authoritarian, permissive, dan negligent) dan adversity quotient terhadap motivasi berprestasi pada siswa sma taman siswa malang
Author :
- Melly Amalia Vardia*1
- Duta Nurdibyanandaru*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Tujuan pendidikan yang telah tertulis pada UU No. 20 Tahun 2003 dapat tercapai dengan meningkatkan kualitas pendidikan melalui motivasi berprestasi pada siswa. Namun, dari pengamatan di SMA Taman Siswa diketahui bahwa motivasi berprestasi pada siswa rendah, ditinjau dari faktor eskternal terdapat pengaruh pola asuh, dan pada faktor internal terdapat pengaruh adversity quotient. Penelitian ini menggunakan teknik sampling stratified random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan regresi berganda dengan variabel dummy. Hasil dari regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pola asuh dan adversity quotient secara bersamaan terhadap motivasi berprestasi siswa di SMA Taman Siswa Malang sebesar 52,4%. Hasil dari uji regresi parsial diketahui bahwa pada pola asuh kategori authoritative, permissive, negligent dan adversity quotient secara terpisah memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa SMA Taman Siswa Malang, sedangkan pola asuh kategori authoritarian tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa SMA Taman Siswa Malang.
Keyword :
adversity quotient, pola asuh orang tua, motivasi berprestasi,
References :
Watabe, A., & David, H. R. (2014). The influence of parenting on children’s academic achievement : Comparison between the United States and Japa. North American Journal of Psychology , 16 (2), 359-382.
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 7 / No. : 5 / Pub. : 2018-10 |
|