MOZAIK HUMANIORA
ISSN 2442-8469
Vol. 13 / No. 2 / Published : 2013-06
Order : 4, and page :136 - 148
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
(the utilization of oral tradition in the era of creative industry in indonesia)
Author :
- Dhanang Respati Puguh*1
- Departemen Ilmu Sejarah, Universitas Diponegoro
Abstract :
Tradisi lisan tumbuh dan berkembang sebagai bagian dari kehidupan masyarakat. Di era globalisasi sekarang ini, eksistensi tradisi lisan semakin terpinggirkan, bahkan di ambang kepunahan, sehingga memerlukan upaya-upaya untuk mempertahankan eksistensinya. Tulisan ini membahas tentang pemanfaatan tradisi lisan di era industri kreatif pasca reformasi. Metode penelitian yang dilakukan adalah kritik sejarah, yaitu mengumpulkan sumber-sumber pustaka untuk kemudian dikritik dan dianalisis. Sumber primer didapatkan dari data oral tradisi dengan didukung dari sumber sekunder baik berupa dokumen tertulis maupun dalam bentuk visual. Para seniman telah memanfaatkan tradisi lisan dengan pendekatan, cara, dan teknik yang berbeda-beda dalam karya-karyanya menurut interpretasi mereka masing-masing dan telah berhasil memikat hati masyarakat pendukungnya. Daya kreatif atau kreativitas untuk memanfaatkan tradisi lisan yang relevan dengan kebutuhan-kebutuhan kekinian juga dimiliki oleh para seniman tersebut dan menuangkannya dalam produk-produk seni terbaru dalam bentuk musik, tari, teater, opera, film, dan sinema elektronik. Perkembangan industri pariwisata dan pertelevisian dewasa ini merupakan salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemanfaatan tradisi lisan dalam industri kreatif. Dengan kerangka berpikir semacam itu, tradisi lisan akan mendapatkan tempat dan dapat memberikan nilai tambah pada masyarakat.Kata kunci: industri kreatif, produk seni, tradisi lisanAbstractOral tradition has grown and developed as a part of life. In the globalization era, oral tradition has increasingly been marginalized and is even on the verge of extinction; efforts to maintain its existence are thus important. This paper discusses the use of oral tradition in the era of the creative industries after the Reformation. The research method used was historical critique, beginning with desk research and then followed by analysis. The primary data were obtained from oral traditions with the support of secondary sources in the form of written and visual documents. The artists have made use of oral traditions using various techniques of interpretations in order to gain support from the society. Creative efforts to utilize the oral tradition relevant to the needs of the present time are shared by these artists and put in the the latest products of arts, such as music, dance, theater, opera, film, and electronic cinema. The development of tourism and television industry today is one of the factors to consider in the use of the oral tradition in the creative industries. With such framework, the oral tradition will get a place and can add value to society.
Keyword :
art products, creative industry, oral tradition,
References :
Saikia, Arupjyoti,(2012) Oral Tradition, Nationalism and Assamese Social History: Remembering a Peasant Uprising 49 (1): 37-72 : Indian Economic Social History Review
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 13 / No. : 2 / Pub. : 2013-07 |
|