UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Palimpsest

ISSN 2086-0994

Vol. 10 / No. 2 / Published : 2019-12

Order : 14, and page :1 - 14

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Analisis penerimaan aplikasi ruang guru sebagai media pemenuhan informasi kademik siswa sma dii kota surabaya ditinjau dari model utaut2

Author :

  1. Esty Dwi Cahyani*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Istilah e-learning telah menjadi lebih populer akhir-akhir ini, sehingga ada banyak platform baru atau sistem pendidikan modern berbasis daring. E-learning sendiri sekarang banyak diterapkan karena teknologi dan internet yang ada membuat proses belajar mengajar lebih fleksibel dan efisien, tidak terbatas pada ruang dan waktu. E-learning sebenarnya sudah diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 2002, tetapi untuk saat ini, sistem atau platform e-learning yang populer bagi siswa di Indonesia adalah aplikasi dari Ruang Guru. Ruang Guru sendiri adalah salah satu platform berbayar untuk siswa dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Platform e-learning yang ada sebenarnya sangat banyak, bahkan telah populer dan dapat diakses secara gratis, tetapi siswa di Indonesia lebih suka aplikasi dari Ruang Guru yang membayar untuk diakses. Itulah sebabnya para peneliti ingin memeriksa lebih dalam tentang alasan-alasan ini, apa alasannya dan bagaimana penggunaan aplikasi Ruang Guru itu sendiri untuk siswa ditinjau dari model UTAUT2 (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2) yang diajukan oleh Venkatesh et al. (2012). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif dengan teknik pengambilan sampel sebanyak 100 responden menggunakan snowball sampling. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan metode SEM-PLS. Hasil penelitian yang diperoleh adalah dari sembilan variabel penelitian yang berasal dari model, hanya ada dua variabel yang berpengaruh yaitu niat perilaku terhadap penggunaan perilaku dan motivasi hedonis terhadap niat perilaku. Variabel yang paling berpengaruh atau memiliki pengaruh yang sangat tinggi, yaitu variabel motivasi hedonis. Simpulan dari penelitian ini adalah aplikasi Ruang Guru disukai oleh banyak siswa karena menyenangkan dan menarik untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran atau media untuk memenuhi informasi akademik sehari-hari.

Keyword :

e-learning, Ruang Guru, UTAUT2 (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2),


References :

Arenas-Gaitán, Jorge Et.Al,(2015) Elderly and Internet Banking: An Application of UTAUT2 Vol. 20, No. 1 : Journal of Internet Banking And Commerce





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 10 / No. : 2 / Pub. : 2019-12
  1. Dimensi Kualitas Ruang Perpustakaan Sma Swasta Di Kota Surabaya
  2. Strategi Knowledge Sharing Pada Pelatih Kalistenik Di Stellar Power House Surabaya
  3. Analisis Penerimaan Aplikasi Ruang Guru Sebagai Media Pemenuhan Informasi Kademik Siswa Sma Dii Kota Surabaya Ditinjau Dari Model Utaut2
  4. Makna Membaca Komik Conan Di Kalangan Anak Muda
  5. Pengaruh Faktor Personal Dan Faktor Lingkungan Terhadap Intensitas Berbagi Melalui Sosial Media Pada Komunitas Earth Hour Surabaya