Libri-Net
ISSN
Vol. 7 / No. 3 / Published : 2019-03
Order : 15, and page :1 - 15
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Analisis kualitas situs web quora indonesia
Author :
- Chandra Perkasa Alam*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Situs web Quora Indonesia dipersonalisasikan menggunakan teknologi algoritma untuk meningkatkan kualitas serta performa situs web bersangkutan. Namun, belum diketahui apakah selera bentukan algoritma tersebut sudah sesuai dengan selera organik pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas situs web Quora Indonesia dinilai dari persepsi penggunanya. Berdasar teori WebQual 4.0, dari Barnes dan Vidgen, penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Peneliti menyebarkan kuesioner secara daring melalui formulir google. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 100 responden dengan kriteria yang sudah ditentukan, yakni merupakan pengguna aktif situs web Quora Indonesia yang telah mengakses situs web tersebut setidaknya sebanyak tiga kali. Kualitas situs web dapat dinilai baik bila mendapatkan skor > 3,40. Temuan menunjukkan personalisasi yang dilakukan oleh situs web Quora Indonesia ternyata sesuai dengan kebutuhan pengguna, ditunjukkan dengan skor kualitas situs web secara keseluruhan sebesar 3,66 atau tergolong baik. Penelitian ini dibatasi pada lingkup situs web id.quora.com, dan cukup relevan bagi peneliti lain yang ingin mendalami topik terkait kualitas situs web. Juga bagi pengembang situs web, khususnya situs web dengan platform tanya jawab. Sebab masih jarang riset dengan topik WebQual yang meneliti situs web tanya jawab, serta generasi web semantik. Kata kunci: kualitas situs web, WebQual 4.0, situs web tanya jawab.
Keyword :
ANALISIS KUALITAS SITUS WEB QUORA INDONESIA , ANALISIS KUALITAS SITUS WEB QUORA INDONESIA , ANALISIS KUALITAS SITUS WEB QUORA INDONESIA , ilmu informasi dan perpustakaan, fisip unair,
References :
Ash, Tim, et al. (2012). Landing Page Optimization: The Definitive Guide to Testing and Tuning for Conversations. Kanada: John Wiley & Sons. Cochran, William G. (1977). Sampling Technique (3rd ed.). Canada: John Willey & Sons. Diakses melalui https://archive.org/details/Coc hran1977SamplingTechnique s_201703 pada 14 Mei 2019. Fraenkel, Jack R., et al. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (8th ed.). New York: McGraw Hill. Syahrum & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media. Turner, Jamie & Shah, Reshma. (2010). How to Make Money with Social Media: An Insider's Guide on Using New and Emerging Media to Grow Your Business. Amerika Serikat: Pearson FT Press. ARTIKEL Israel, Glenn D. (1992). Determining Sample Size. The Institute of Food and Agricultural Science, University of Florida. ARTIKEL JURNAL & PROSIDING Aghaei, Sarah, et al. (2012). Evolution of the World Wide Web: from Web 1.0 to Web 4.0. International Journal of Web & Semantic Technology, 3(1): 1-10. DOI: 10.5121/ijwest.2012.3101. Barnes, Stuart J. & Vidgen, Richard. (2003). Measuring Web Site Quality Improvements: A Case Study of the Forum on Strategic Management Knowledge Exchange. Industrial Management & Data Systems, 103(5): 297309. DOI: 10.1108/02635570310477352 . Diakses melalui https://www.researchgate.net/ publication/220672090 pada 7 Mei 2019. ChanLin, Lih-Juan & Hung, WeiHsiang. (2016). Usability and Evaluation of a Library Mobile Website. The Electronic Library, 34(4): 636-650. DOI: 10.1108/EL07-2015-0119. Diakses melalui https://pdfs.semanticscholar.o rg/0ec1/a32847fb6180e5b748 c945d1c72614e43ba8.pdf pada 13 Juni 2019. Friedrich, Thomas, et al. (2019). The Impact of Social Commerce Feature Richness on Website Stickiness Through Cognitive and Affective Factors: An Experimental Study. Electronic Commerce Research and Applications Journal: 1-46. DOI: https://doi.org/10.1016/j.elera p.2019.100861. Garett, R., et al. (2016). A Literature Review: Website Design and User Engagement. Online Journal of Communication and Media Technologies, 6(3): 1–14. Diakses melalui https://www.ncbi.nlm.nih.gov /pmc/articles/PMC4974011 pada 13 Juni 2019. Ghasemaghaei, Maryam & Hassanein, Khaled. (2018). Dynamic Model of Online Information Quality Perceptions and Impacts: a Literature Review. Behaviour & Information Technology, 116. DOI: 10.1080/0144929X.2018.153 1928. Kim, Jiyoung & Lennon, Sharon J. (2013). Effects of Reputation and Website Quality on Online Consumers's Emotion, Perceived Risk and Purchase Intention: Based on the Stimulus-Organism-Response Model. Journal of Research in Interactive Marketing 7(1): 33-56. DOI: 10.1108/17505931311316734 . Diakses melalui https://www.researchgate.net/ publication/263525114 pada 13 Juni 2019. Liu, Lin, et al. (2017). Website Service Quality and Shopping Website Stickiness: The Mediating Effect of Website Involvement. Proceedings of The Sixteenth Wuhan International Conference on e-Business: 1-10. Liu, Qiaoling, et al. (2012). When Web Search Fails, Searchers Become Askers: Understanding the Transition. Proceedings of the International ACM SIGIR Conference on Research and Development in Information Retrieval, 801-810. Napitupulu, Darmawan. (2017). Analysis of Factors Affecting the Website Quality Based on WebQual Approach (Study Case: XYZ University). International Journal on Advanced Science Engineering Information Technology, 7(3): 792-798. Rahayu, et al. (2018). Analysis of Quality from Users Perspective for Develop Website. Journal of Physics: Conference Series, 1-9. DOI: 10.1088/17426596/1140/1/012051. RughiniÈ™, Cosima. et al. (2014). Digital Rhetoric in Collaborative KnowledgeMaking: Reading Answers and Super-Answers to Existential Questions on Quora. Proceedings of International Conference on Human–Computer Interaction 2014: 218-223. Sawitri, Ni Nyoman, et al. (2017). Analysis of WebQual Usefulness, Information Quality and Interaction Service in Cultural Sites Online. International Journal of Economic Research, 14(5): 1-9. Diakses melalui https://www.researchgate.net/ publication/317745414 pada 1 Mei 2019. Tang, Yixuan, et. al. (2017). QALink: Enriching Text Documents with Relevant Q&A Site Contents. Proceedings of CIKM’17: 1359-1368. DOI: 10.1145/3132847.3132934 Yang, Lei & Amatriain, Xavider. (2016). Recommending the World's Knowledge: Application of Recommender Systems at Quora. Proceedings of the 10th ACM Conference on Recommender Systems: 389-389. DOI: 10.1145/2959100.2959128. SKRIPSI Jatmiko, Victoryya Maharay. (2017). Pengaruh Kualitas Website perpusbungkarno.perpusnas. go.id Terhadap Kepuasan Pengguna. Surabaya: Universitas Airlangga. Primaditya, Ryan Rubby. (2017). Analisa Kualitas Website Forum Diskusi Online Kaskus. Surabaya: Universitas Airlangga. ARTIKEL WEB Praditya, Diaz. (2018). CEO Quora Ungkap Alasan Melakukan Ekspansi ke Indonesia. Diakses melalui https://id.techinasia.com/quor a-ekspansi-ke-indonesia pada 29 April 2019. Setyowati, Desy. (2018). Platform Tanya Jawab Quora Kini Hadir dalam Bahasa Indonesia. Diakses melalui https://katadata.co.id/berita/2 018/05/30/platform-tanyajawab-quora-kini-hadirdalam-bahasa-indonesia pada 13 Mei 2019. LAMAN WEB Quora.com Traffic Statistics. 2019. Diakses melalui https://www.alexa.com/siteinf
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 7 / No. : 3 / Pub. : 2019-03 |
|