Libri-Net
ISSN
Vol. 6 / No. 2 / Published : 2017-02
Order : 9, and page :17 - 18
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Efektivitas promosi perpustakaan dengan menggunakan sarana media internet
Author :
- Sarastiti Dwi Priyogo*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Perpustakaan dapat memanfaatkan media internet sebagai sarana perpustakaan untuk mempromosikan perpustakaan. Perpustakaan sebagai sumber informasi diharapkan dapat mempertahankan pengguna perpustakaan agar tidak bosan dan berpindah kepada sumber informasi lain untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas promosi yang dilakukan oleh perpustakaan Universitas Airlangga dengan menggunakan media internet. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuatitatif deskriptif, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu dengan penentuan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Hasil penelitian dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan teori efektivitas yang terdiri dari tujuan, proses penyelenggaraan dan pasca penyelenggaraan promosi yang telah dilakukan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa efektivitas promosi yang dilakukan oleh perpustakaan Universitas Airlangga termasuk dalam tingkat efektivitas menengah mengenai promosi perpustakaan Universitas Airlangga dengan menggunakan media internet pada kategori 2,9%. Pada bagian tujuan promosi rata – rata skor mencapai 2,9% termasuk dalam kategori efektivitas menengah pada indikator tujuan promosi perpustakaan dengan menggunakan media internet, proses penyelenggaraan promosi mencapai 2,8% termasuk dalam kategori efektivitas menengah pada indikator proses penyelenggaraan promosi perpustakaan dengan menggunakan media internet dan pada bagian pasca penyelenggaraan mencapai 2,9 % termasuk dalam kategori efektivitas menengah pada indikator pasca penyelenggaraan promosi perpustakaan dengan menggunakan media internet.
Keyword :
Promotion effectiveness, media social promotion, libraries promotion,
References :
Bungi, Burhan,(2001) Metodolgi Penelitian Sosial - : Airlangga University Press
Ardhya, yokkie,(2009) Efektivitas Promosi terhadap Perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten sidoarjo, Jawa Timur (Studi kasus Sentra Kerupuk Desa Kedungrejo Kecamatan Jabon). - : Universitas Airlangga
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 6 / No. : 2 / Pub. : 2017-02 |
|