Libri-Net
ISSN
Vol. 6 / No. 1 / Published : 2017-01
Order : 16, and page :31 - 32
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Peran guru slb negeri gedangan dalam menumbuhkan kemampuan literasi informasi siswa disabilitas
Author :
- Bayu Oktavianto*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Lit erasi Informasi berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk mendapatkan suatuinformasi. Kemampuan inilah yang menentukan kualitas dari informasi yang didapat orangtersebut, tidak terkecuali siswa disabilitas. Peran guru sebagai pembimbing, pendidik,maupun pengajar diharapkan bisa patuh terhadap skenario, mampu memenuhi tugas atauperannya sesuai dengan tuntutan masyarakat karena guru merupakan salah satu posisi didalam masyarakat yang tugasnya adalah untuk menambah wawasan dan informasi anakdidiknya. Untuk menumbuhkan kemampuan literasi anak didiknya, para guru juga harusmengerti, memahami dan bisa menerapkan kemampuan literasi terlebih dahulu. Penelitian inimenggambarkan tentang peran guru di SLB Negeri Gedangan dalam menumbuhkankemampuan literasi informasi siswa disabilitas. Penelit ian ini juga ingin mengetahu ibagaimana kemampuan literasi informasi para guru di SLB Negeri Gedangan denganmenggunakan The Big6 Skills. Pendekatan yang digunakan adalah kuant itatif dengan t ipedeskriptif. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 35 orang. Langkah pengambilansampel dengan menggunakan teknik sampel jenuh dan pengumpulan data menggunakanku isioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran para guru di SLB Negeri Gedanganterlihat sudah dapat memenuhi faktor-faktor peran, seperti guru sebagai motivator, gurusebagai mediator, guru sebagai fasilitator, dan guru sebagai evaluator. Para guru mampumenerapkan dan memahami tahap definisi tugas, tahap strategi penemuan informasi, tahaplokasi dan akses, tahap penggunaan informasi, tahap sintesis informasi, dan tahap evaluasihasil dari The Big6 Skills.
Keyword :
Peran guru, literasi informasi , disabilitas , the big6 skill,
References :
Widiyasari, Nurul,(2014) Literasi informasi lulusan program EAP (English for Academic Purpose) - : Universitas Airlangga
Sugiman, Ferry Ardianto,(2013) Pengaruh penggunaan bahan ajar brosur melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievment divisions (STAD) terhadap aktivitas dan penguasaan materi pada materi pokok fungi - : Universitas Lampung
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 6 / No. : 1 / Pub. : 2017-01 |
|