ISSN
Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-05
Order : 5, and page :707 - 718
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Wacana perceraian dan selebriti perempuan dalam program talkshow hitam putih di trans7
Author :
- Indah Wati *1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
ABSTRAK
Fokus penelitian ini mengenai wacana perceraian dan selebriti perempuan yang ditayangkan talkshow Hitam Putih di Trans7. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor nilai-nilai, ideologi, serta melihat posisi perempuan dalam kasus perceraian yang direpresentasikan dalam talkshow Hitam Putih. Signifikasi penelitian ini terletak pada representasi atas realitas kehidupan rumah tangga selebriti yang fokus pada selebriti perempuan, diskursus atas perceraian dan perempuan ini tak lepas dari relasi gender yang tidak lagi netral dalam pewacanaannya, perempuan digambarkan atas kontruksi yang diinginkan. Penelitian ini menggunakan metode analisis wacana kritis Sara Mills melalui karakter level makro dan mikro untuk melihat posisi selebriti perempuan dalam kasus perceraian serta posisi penonton program talkshow Hitam Putih. Perempuan ditampilkan sebagaimana kontruksi gender dalam masyarakat patriarki.. Selebriti perempuan dijadikan objek game playing audience yang paling menarik infotainment untuk dijadikan sebuah komoditas. Diskursus atas perceraian dan selebriti perempuan ini memperlihatkan secara jelas relasi gender yang asimetris antara peran laki-laki dan perempuan yang timpang.
Kata kunci: wacana perceraian, perempuan, selebriti, talkshow, infotainment
Keyword :
wacana perceraian, perempuan, selebriti, talkshow, infotaiment,
References :
Burton, Graeme.,(2000) Membincangkan Televisi: Sebuah Pengantar pada Studi Televisi. Yogyakarta. : Jalasutra
Eriyanto,(2007) Analisis Wacana: Pengantar Analisis teks Media. Yogyakarta : LKiS
Archive Article
| Cover Media |
Content |
Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-05 |
- Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
- Motif Remaja Akhir Surabaya Menggunakan Game Facebook
- Aliran Informasi Dalam Sistem Organisasi Pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (kbri) Canberra (studi Kasus: People Smuggling)
- Studi Fandom Jkt48 Sebagai Pop Culture
- Analisis Discourse Gerakan Sosial Pada Grup Facebook ‘save Kpk....!!’
- Penggambaran Budaya Tionghoa Indonesia Di Surabaya Dalam Majalah Internal Pasar Atom & Atom Mall : “shopping At Pasar Atom”
- Perempuan Dalam Lirik Lagu Dangdut Koplo Dimaknai Pekerja Keras Dan Curhat “melas“
- Representasi Identitas Etnis Papua Dalam Film Lost In Papua
- Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
- Corporate Rebranding Waralaba Pt. Coffee Toffee Indonesia Melalui Promotional Tools
- Penggambaran Peran Suami Istri Dalam Iklan Teh Sariwangi
- Motif Menggunakan Social Media Path Pada Mahasiswa Di Surabaya
- Kegiatan Komunikasi Pemasaran Depot Rujak Cingur Genteng Durasim Surabaya
- Representasi Peran Ibu Dalam Film Ummi Aminah Karya Aditya Gumay
- Analisis Genre Film Horor Indonesia Dalam Film Jelangkung (2001)
- Motif Remaja Pengguna Facebook Dalam Memainkan Game Farmville2
- Wacana Kecantikan Perempuan Dalam Teks Gaya Hidup Vegetarian Pada Media Online Vemale.com
- Studi Analisis Pemaknaan Hijabers Community Surabaya Terhadap Hijab Dalam Film 99 Cahaya Di Langit Eropa
- Representasi Nasionalisme Dalam Video Klip Jadilah Legenda Oleh Group Band Superman Is Dead
- Motif Membaca Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos Pada Perempuan
- Pola Komunikasi Kyai Di Pondok Pesantren
- Representasi Perempuan Dalam Hubungan Romantis Pada Lirik Lagu Kirana Dan Tega
- Preferensi Audiens Terhadap Elemen-elemen Iklan Tvc Produk Teh Pucuk Harum 2013
- Wacana Perempuan Dalam Film Animasi Disney Princess “brave”
- Representasi Identitas Waria Dalam Kostum Waria Pada Film Madame X
- Wacana Perceraian Dan Selebriti Perempuan Dalam Program Talkshow Hitam Putih Di Trans7
|