MOZAIK HUMANIORA
ISSN 2442-8469
Vol. 13 / No. 2 / Published : 2013-06
Order : 1, and page :117 - 125
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Corporate strategies in the spread of hallyu (korean wave) in indonesia
Author :
- Citra henndia*1
- Departemen Hubungan Internasional UNAIR
Abstract :
Artikel ini membahas strategi korporasi untuk meraih lebih banyak keuntungan dengan memanfaatkanperubahan-perubahan yang dibawa oleh globalisasi. Globalisasi telah membawa budaya hibrida yangmerupakan kombinasi antara budaya lokal dan luar dan membentuk budaya baru. Budaya hibridatersebut tidak hanya diinterpretasi sebagai hasil proses produksi korporasi tetapi juga simbol gayahidup yang bertransformasi melalui penggunaan jaringan media global, yang didukung terutama olehkeberadaan masyarakat konsumen yang besar di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalahstudi kasus Hallyu di Indonesia dengan metode deskripsi analisis pada data-data sekunder yangterkait baik secara langsung maupun tidak langsung dengan produk-produk televisi dan perusahaanperusahaandi dunia hiburan maupun nonhiburan. Dengan menggunakan pendekatan globalisasibudaya, artikel ini berargumen bahwa penerimaan dan penyebaran hallyu di Indonesia yang cukupmudah dipengaruhi oleh keberhasilan strategi perusahaan dalam mengeksploitasi pergeseran budayadan masyarakat. Ada beberapa strategi yang digunakan oleh perusahaan: komoditisasi produkbudaya, harga dan diferensiasi produk, penggunaan media sosial, dan dukungan dari peraturanpemerintah. Dapat disimpulkan bahwa Hallyu mudah berterima karena merupakan produk budayahybrid yang memuat simbol-simbol modernitas Asia perkotaan dan budaya lokal.
Keyword :
budaya hibrida, globalisasi, hallyu, konsumen, strategi perusahaan,
References :
Elkins, D.,(1997) Globalization, Telecommunication, and Virtual Ethnic Communities. 18 (2): 139-152. : International Political Science Review
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 13 / No. : 2 / Pub. : 2013-07 |
|