UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

MOZAIK HUMANIORA

ISSN 2442-8469

Vol. 13 / No. 2 / Published : 2013-06

Order : 1, and page :117 - 125

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Corporate strategies in the spread of hallyu (korean wave) in indonesia

Author :

  1. Citra henndia*1
  1. Departemen Hubungan Internasional UNAIR

Abstract :

Artikel ini membahas strategi korporasi untuk meraih lebih banyak keuntungan dengan memanfaatkanperubahan-perubahan yang dibawa oleh globalisasi. Globalisasi telah membawa budaya hibrida yangmerupakan kombinasi antara budaya lokal dan luar dan membentuk budaya baru. Budaya hibridatersebut tidak hanya diinterpretasi sebagai hasil proses produksi korporasi tetapi juga simbol gayahidup yang bertransformasi melalui penggunaan jaringan media global, yang didukung terutama olehkeberadaan masyarakat konsumen yang besar di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalahstudi kasus Hallyu di Indonesia dengan metode deskripsi analisis pada data-data sekunder yangterkait baik secara langsung maupun tidak langsung dengan produk-produk televisi dan perusahaanperusahaandi dunia hiburan maupun nonhiburan. Dengan menggunakan pendekatan globalisasibudaya, artikel ini berargumen bahwa penerimaan dan penyebaran hallyu di Indonesia yang cukupmudah dipengaruhi oleh keberhasilan strategi perusahaan dalam mengeksploitasi pergeseran budayadan masyarakat. Ada beberapa strategi yang digunakan oleh perusahaan: komoditisasi produkbudaya, harga dan diferensiasi produk, penggunaan media sosial, dan dukungan dari peraturanpemerintah. Dapat disimpulkan bahwa Hallyu mudah berterima karena merupakan produk budayahybrid yang memuat simbol-simbol modernitas Asia perkotaan dan budaya lokal.

Keyword :

budaya hibrida, globalisasi, hallyu, konsumen, strategi perusahaan,


References :

Elkins, D.,(1997) Globalization, Telecommunication, and Virtual Ethnic Communities. 18 (2): 139-152. : International Political Science Review





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 13 / No. : 2 / Pub. : 2013-07
  1. Corporate Strategies In The Spread Of Hallyu (korean Wave) In Indonesia
  2. Celebrity Status In Rcti’s Idola Cilik: The Consumption Of The Popular Media By Indonesian Children
  3. (the Glory Of Srivijaya’s Capital City Symbolized In Three Srivijaya Inscriptions In Palembang)
  4. (the Utilization Of Oral Tradition In The Era Of Creative Industry In Indonesia)
  5. Are Swear Words Always Perceived Negatively?: The Function Of Swearing In Arek Society And Mataraman Society
  6. (the Annulment Of Land Leasing In Vorstenlanden In 1823: A Case Of Kontra Lex Rei Sitae)
  7. Cross-dialectal Varieties In Phonological Processes Of Damascene Syrian Arabic And Tihami Yemeni Arabic
  8. Revisiting Social History Writing In Southeast Asia
  9. (constitutional System Of Madura State 1948-1950)
  10. (reconstruction On Continuity Of Babad Mangir Traditions In Indonesian Literary Works)