Catalog :




Information Journal Of Emergency

Peluncuran Majalah Journal of Emergency dan e-Journal IJTMH FK Unair

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga terus bergerak melakukan pengembangan, khususnya di bidang penelitian. Hal itu dibuktikan lewat peluncuran Majalah Journal of Emergency  dan Indonesian Journal of Tropical Medicine and Hygiene (IJTMH) yang diresmikan oleh Dekan FK Unair Prof. Agung Pranoto,dr., M.Kes., Sp.PD,KEMD, FINASIM  di Aula FK Unair (18/9).

Di kalangan dosen, publikasi karya ilmiah digunakan sebagai media untuk mengomunikasikan hasil pemikiran ilmiahnya sehingga menunjang kualitas dirinya sebagai seorang pendidik . Sayangnya, keinginan tersebut seringkali  terhalang oleh minimnya kemampuan menuangkan hasil penelitian kedalam tulisan jurnal.
Minimnya kemampuan menulis karya ilmiah menjadi salah satu alasan melemahnya minat tulis  sehingga mempengaruhi kuantitas karya tulis ilmiah yang dihasilkan. Padahal salah satu poin penting penilaian dalam akreditas adalah sitasi dan jumlah karya ilmiah yang dihasilkan.
Oleh sebab itu, selain rutin menempa kemampuan menulis karya ilmiah  di kalangan dosen melalui sejumlah kegiatan pelatihan penulisan jurnal dan penerbitan jurnal,  FK Unair juga menyiasatinya dengan menyediakan  media jurnal online dan majalah jurnal untuk menumbuhkan minat menulis karya ilmiah di lingkungan kampus. 
“Setelah sebelumnya ada Majalah Folia Medica Indonesiana, Majalah Journal of Emergency dan e-Journal IJTMH FK Unair ini menjadi produk baru unggulan FK Unair, keduanya di danai melalui program Hibah Kompetensi berbasis institusi  Universitas Airlangga dan Hibah Kompetensi untuk peningkatan kualitas pendidikan dokter yakni PHKI dan PHK-PKPD,” ungkap Prof. Dr. Nancy Margarita Rehatta ,dr., Sp.An.KIC penanggung jawab hibah kompetisi FK Unair.
Prof. Rita menjelaskan,  lingkup jurnal  Indonesian Journal of Tropical Mdicine and Hygiene (IJTMH) adalah jurnal online yang memuat berbagai artikel ilmiah dalam bidang kedokteran tropis, parasitologi, imunologi, penyakit infeksi, epidemiologi, biologi molekuler dasar, virology, hygiene dan malnutrisi pada komunitas dan rumah sakit.  Akses  www.ijtmh.org menyediakan layanan fitur berupa multimedia, Upload jurnal on site, e-Continuing Medical Education dan Open Access.
Prof. Rita menjelaskan, produk IJTMH dengan tema tropical medicine  dan printed Journal of Emergency  dipilih sesuai dengan fokus dan keunggulan FK Unair. Emergency atau kegawat daruratan juga menjadi masalah internasional akibat adanya berbagai bencana dan masalah kesehatan yang disebabkan oleh trauma , penyakit infeksi  masalah non trauma  non infeksi hingga bencana masal atau mass disaster.
Prof . Rita berharap kehadiran dua media jurnal tersebut  dapat  meningkatkan jumlah publikasi jurnal yang sebelumnya telah ditampung di media Folia Medica Indonesiana FK Unair, maupun di berbagai jurnal yang berkaitan dengan bidang kegawat daruratan.
Selain memfasilitasi para dosen, kedua jurnal tersebut juga memiliki target populasi khusus, yakni menggali minat tulis di kalangan mahasiswa. Kedua media tersebut akan menampung hasil karya ilmiah para mahasiswa S1 FK Unair dengan bimbingan staf dosen.
“ Banyak sekali karya tulis mahasiswa S1 yang berbobot, sebut saja beberapa mahasiswa kami yang mengikuti program exchange ke Belanda, disana mereka menjadi author karya ilmiah dan karyanya di terima di jurnal internasional dengan para co-author pembimbingnya dari belanda, oleh karena itu disini, mahasiswa juga harus di fasilitasi,” jelasnya.
Selain telah merealisasikan  dua buah jurnal, yang terpenting lagi menurut Prof Rita adalah menumbuhkan komitmen bersama di kalangan institusi sendiri, sehingga minat menulis karya ilmiah di lingkungan civitas akademika senantiasa terpelihara.
Ketua Ikatan Alumni FK. Unair Dr. Poedjo Hartono, dr., Sp.OG(K)  dalam sambutannya mengungkapkan peluncuran e- Journal dinilai luar biasa.  Selain menguntungkan civitas akademika, memudahkan pihak Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dalam proses pencapaian re sertifikasi kompetens, kehadiran jurnal online tersebut  dapat  membantu para dokter layanan primer untuk meng-upgrade pengetahuannya.

“Kebanyakan para dokter layanan primer yang tinggal di daerah kesulitan untuk mengakses informasi atau mengikuti kegiatan ilmiah, dengan lahirnya jurnal online ini, kita berharap, sejawat kita yang bertugas di daerah dapat mengakses berbagai informasi dan memperbarui keilmuan mereka melalui jurnal online tersebut,” ujarnya.

2013-01-22, Source : http://www.fk.unair.ac.id/news/headline-news/peluncuran-majalah-journal-of-emergency-dan-e-journal-ijtmh-fk-unair-.html