Catalog :




Information Jurnal Penelitian Dinamika Sosial

Panduan Bagi Penulis Naskah

PANDUAN BAGI PENULIS NASKAH
JURNAL PENELITIAN DINAMIKA SOSIAL

1. Naskah yang dikirim kepada Redaksi adalah naskah yang belum pernah dan tidak akan dipublikasikan di tempat lain baik dalam bentuk cetakan atau dalam media lain. Dewan Penyunting berhak mengedit untuk kesamaan format, gaya dan kejelasan tanpa mengubah substansi.

2. Naskah diketik dalam CD (Compact Disc) dengan salah satu program pengolah kata (MS Word) dengan jenis font Times New Roman 12. Naskah dicetak pada kertas HVS ukuran A4 dengan jarak 1,5 spasi pada 1 sisi (tidak bolak-balik) dengan panjang tulisan 12-20 halaman. Penggunaan catatan kaki (footnote) harus dihindari. Naskah diserahkan rangkap 3 (1 asli dan 2 salinan).

3. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, dengan bahasa efektif dan akademis, dan disusun menurut sistematika berikut.
a. JUDUL, harus ringkas dan jelas. Diusahakan tidak lebih dari 12 kata. Di bawah judul harus tertulis nama penulis (atau para penulis), alamat penulis dan email untuk korespondensi. Bila para penulis memiliki alamat yang berbeda, maka harus diberi tanda bintang dan masing-masing tanda diberi nama instansi atau universitasnya.
b. ABSTRAK, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, tidak lebih dari 250 kata, dan merupakan intisari seluruh tulisan, meliputi: masalah, tujuan, metode, hasil dan simpulan. Di bawah abstrak disertakan 3-5 kata kunci (Keywords).
c. PENDAHULUAN, meliputi latar belakang masalah, rumusan masalah dan tujuan penelitian.
d. METODE PENELITIAN, memuat materi atau komponen, alat dan objek yang diteliti, desain, sampel dan cara pengambilan sampel (jika ada), cara kerja penelitian, parameter yang diamati, rancangan yang digunakan, serta teknik analisis yang dipakai.
e. HASIL DAN PEMBAHASAN, memuat hasil penelitian (sesuai dengan parameter yang diamati), disertai pembahasan ilmiah dan argumentasi yang mendukung.
f. SIMPULAN DAN SARAN, memuat pernyataan singkat, tentang hasil yang diperoleh dikaitkan dengan tujuan dan hipotesis (kalau ada) yang telah diajukan. Saran berkaitan dengan hasil penelitian yang dihubungkan dengan pengembangannya lebih lanjut.
g. DAFTAR PUSTAKA, berdasarkan sistem Harvard (nama dan tahun), dan disusun menurut abjad serta mencantumkan (a) untuk buku; nama-nama penulis, tahun terbit, editor (bila ada), judul lengkap buku, kota penerbit, dan penerbit. (b) untuk terbitan berkala; nama penulis, tahun penerbitan, judul tulisan, judul terbitan (disingkat sesuai dengan Index Medicus), bulan dan tahun terbit, volume, nomor dan nomor halaman.

Contoh penulisan daftar pustaka:
1. Berkman, R. I. 1994. Find It Fast: How to Uncover Expert Information on Any Subject, Harper Perennial, New York.
2. McTaggart, D., Findlay, C. and Parkin, M. 1995. Economics, 2nd edn, Addison-Wesley, Sydney.
3. Huffman, L.M. 1996. ‘Processing whey protein for use as a food ingredient’, Food Technology, Vol. 50, No. 2, pp. 49-52.
4. Penulisan rujukan (kutipan) di badan artikel mengunakan cara nama, tahun, halaman.
Contoh : . . . . (Azwar, 2002: 193).
Menurut Candra (2004:30) . . . .
5. Tabel dan gambar masing-masing harus diberi nomor berurutan. Judul tabel harus singkat dan jelas serta dilengkapi keterangan untuk menjelaskan singkatan atau kependekan yang diletakkan di bawah tabel. Judul tabel ditempatkan di atas tabel, sedangkan judul gambar ditempatkan di bawah gambar.
6. Semua data, pendapat, atau pernyataan yang terdapat pada naskah adalah merupakan tanggung jawab penulis. Oleh karena itu penerbit, dewan penyunting, dan seluruh staf Jurnal Penelitian Dinamika Sosial tidak bertanggung jawab atau tidak bersedia menerima kesulitan maupun masalah apapun sehubungan dengan konsekuensi dari ketidakakuratan, kesalahan data, pendapat, maupun pernyataan tersebut.

2009-03-24, Source : redaksi J.Penelit.Din.Sos