Catalog :




Information Jurnal Medik Veteriner

Author Guidelines

  • Jurnal Medik Veteriner memuat naskah ilmiah dalam bidang kedokteran hewan. Naskah JMV berisi artikel tentang anatomi veteriner, patologi veteriner, kedokteran dasar veteriner, kesehatan masyarakat veteriner, mikrobiologi veteriner, reproduksi veteriner, parasitologi veteriner, klinik veteriner, peternakan dan kesejahteraan hewan. Jurnal ini dapat dimanfaatkan oleh para praktisi, dosen, peneliti bidang kesehatan, mahasiswa kedokteran hewan dan pemerhati kedokteran hewan. Naskah harus asli (belum pernah dipublikasikan) dan ditulis menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

  • Naskah ilmiah dicetak dengan kertas ukuran A4. Naskah diketik dengan spasi 1.15 menggunakan program Ms Office Word, huruf Times new roman ukuran huruf 11.

  • Tatacara penulisan naskah hasil penelitian hendaknya disusun menurut urutan sebagai berikut: Judul, Identitas penulis, Abstrak, Pendahuluan, Materi dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih dan Daftar pustaka. Gambar dan table ditempatkan pada akhir naskah, masing-masing pada lembar berbeda. Upayakan dicetak hitam-putih dan keseluruhan naskah tidak lebih dari 15-20 halaman.

Judul: Singkat, informatif dan jelas, ditulis dengan huruf kapital kecuali istilah latin atau binomial nomenklatur.

Identitas Penulis: Nama ditulis lengkap (tidak disingkat) tanpa gelar. Bila penulis lebih dari seorang, dengan alamat instansi yang berbeda, maka dibelakang setiap nama diberi indeks atas angka arab. Alamat penulis ditulis di bawah nama penulis, mencakup laboratorium, lembaga, dan alamat lengkap dengan nomor telpon/faksimili dan e-mail. Indeks tambahan (*) diberikan pada penulis yang yang bertindak sebagai autor koresponden (corresponding author).

Abstrak: Ditulis dalam bahasa Indonesia terlebih dahulu dan bahasa Inggris, bila naskah berbahasa Indonesia, begitupula sebaliknya. Abstrak dilengkapi 3-5 kata kunci (key words) yang diurut berdasarkan kepentingannya. Abstrak memuat ringkasan naskah, mencakup seluruh tulisan tanpa mencoba merinci setiap bagiannya. Hindari menggunakan singkatan.

Pendahuluan: Memuat tentang ruang lingkup, latar belakang tujuan dan manfaat penelitian. Bagian ini hendaknya memberikan latar belakang agar pembaca dapat memahami dan menilai hasil penelitian tanpa membaca laporan-laporan sebelumnya yang berkaitan dengan topik. Manfaatkanlah pustaka yang dapat mendukung pembahasan.

Materi dan Metode: Hendaknya diuraikan secara rinci dan jelas mengenai bahan yang digunakan dan cara kerja yang dilaksanakan, termasuk metode statistika dan penjelasan sertifikat kelaikan etik hewan coba bila diperlukan. Cara kerja yang disampaikan hendaknya memuat informasi yang memadai sehingga memungkinkan penelitian tersebut dapat diulang kembali dengan berhasil.

Hasil dan Pembahasan: Disajikan secara bersama dan membahas dengan jelas hasil-hasil penelitian. Hasil penelitian dapat disajikan dalam bentuk tertulis di dalam naskah, table atau gambar. Kurangi penggunaan grafik jika hal tersebut dapat dijelaskan dalam naskah. Batasi pemakaian foto, sajikan foto yang jelas menggambarkan hasil yang diperolah. Gambar dan table harus diberi nomor dan dikutip dalam naskah. Foto dapat dikirim dengan format JPG, JPEG dan PNG. Grafik hasil pengolahan data dikirim dalam file yang terpisah dari file naskah ilmiah dan disertai nama program dan data dasar penyusunan grafik. Pembahasan yang disajikan hendaknya memuat tafsir atas hasil yang diperoleh dan bahasan yang berkaitan dengan laporan-laporan sebelumnya. Hindari mengulang pernyataan yang telah disampaikan pada metode, hasil dan informasi lain yang telah disajikan pada pendahuluan.

Kesimpulan: Disajikan secara terpisah dari hasil dan pembahasan.

Ucapan Terima Kasih: Dapat disajikan bila dipandang perlu. Ditujukan kepada yang mendanai penelitian dan untuk memberikan penghargaan kepada lembaga mau pun perseorangan yang telah membantu penelitian atau proses penulisan ilmiah.

Daftar Pustaka: Disusun secara alfabetis menurut nama dan tahun terbit. Singkatan majalah/jurnal berdasarkan tata cara yang dipakai oleh masing-masing jurnal. Proporsi daftar pustaka: jurnal/majalah ilmiah sedikitnya 60% dan text book 40%. Contoh penulisan daftar pustaka:

Jurnal/Majalah:
Cheng, Q.F., D.W. Sun. 2008. Factors affecting the water holding capacity of red meat products: A review of recent research advances. Crit. Rev. Food Sci. Nutr. 48, 137-159.

Buku:
Aberle, E.D., J.C. Forrest, D.E. Gerrard, E.W. Mills. 2001. Principles of Meat Science. 4th edition. Kendal/Hunt Publishing Company.

Bab dalam buku:
Johnson, C.A. 1995.  Cystic endometrial hyperplasia, pyometra, and infertility. In Ettinger, SJ., Feldman, EC. (Ed) Textbook of veterinary internal medicine, disease of dog and cat.  Tokyo: WB Saunders Co. Pp 1636-1642.

Abstrak:
Anil, M.H., S. Love, C.R. Helps, D.A. Habour. 2002. Potential for carcass contamination with brain tissue following stunning and slaughter in cattle and sheep.  Abstract 5rd International Congress on Veterinary Virology, Switzerland Sept. 4-7.

Prosiding konferensi:
Agbeniga, B., E.C. Webb. 2014. Influence of electrical stimulation on carcass and meat quality of Kosher and conventionally slaughtered cattle. Amies, France, 23-26 Oct 1989. Pp 199-231.

Skripsi/Tesis/Disertasi:
Hartana, S.N. 2014. Keanekaragaman Cendawan yang Diisolasi di Lokasi Perkandangan Ayam. [Skripsi]. Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner. Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor.

  • Naskah dari artikel ulas balik (review) dan laporan kasus sesuai dengan aturan yang lazim.

  • Pengiriman naskah dapat dilakukan setiap saat dalam bentuk soft copy ke email jmv@psdku.unair.ac.id

  • Naskah yang dikirim harus disertai surat dari penulis. Surat harus dengan jelas menyatakan penulis yang dapat dihubungi, alamat surat lengkap, nomor telpon dan faksimili dan alamat email. Penulis korespondensi bertanggung jawab terhadap keaslian penelitian dan isi naskah. Penulis lain harus telah menerima isi tulisan yang dikirim. Untuk mempercepat proses penelaahan tulisan tersebut, penulis sebaiknya menyodorkan sedikitnya dua penelaah (reviewer) yang tidak bekerja dalam satu lembaga atau satu lab. Sertakan pula alamat penelaah yang direkomendasikan.

  • Terhadap naskah yang dikirim, redaksi berhak untuk: (1)memuat naskah tanpa perbaikan, (2)memuat naskah dengan perbaikan dan (3)menolak naskah. Semua keputusan redaksi tidak dapat diganggu gugat dan tidak diadakan surat menyurat untuk keperluan itu.

  • Biaya cetak naskah yang telah dimuat dikenai biaya penerbitan dan pengiriman. Biaya cetak dibebankan kepada penulis pertama (corresponding author) sebesar Rp.250.000,-

  • Penulis atau pelanggan dapat mengirimkan biaya pemuatan naskah atau langganan lewat transfer bank:
    Bank CIMB NIAGA Syariah
    No. Rekening 761 279 139 100
    an. M. Thohawi Elziyad P.

Jurnal Medik Veteriner, Journal of Veterinary Medicine

Program Studi Kedokteran Hewan
Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU)
Universitas Airlangga di Banyuwangi

Jl. Wijayakusuma 113 Giri, Banyuwangi, 68425, Indonesia
Telp: 0333-417788, Fax: 0333-428890
E-mail: jmv@psdku.unair.ac.id
Homepage: http://journal.unair.ac.id/JMV@jurnal-medik-veteriner-media-183.html

2018-07-06, Source : Redaksi Jurnal Medik Veteriner