Catalog :




Information Journal of Parasite Science

Pedoman Penulisan

1. Standar Penulisan

  1. Makalah diketik dengan jarak 1 spasi, kecuali Judul, Abstrak, Judul tabel dan tabel, Judul gambar, Daftar Pustaka, dan Lampiran diketik menurut ketentuan tersendiri.
  2. Alinea baru dimulai 3 (tiga) ketukan ke dalam atau (First line 0.3”) dari format paragraf.
  3. Huruf standar untuk penulisan adalah Calibri 11.
  4. Memakai kertas HVS ukuran kuarto (8,5 x 11”).
  5. Menggunakan Bahasa Indonesia atau Inggris.
  6. Tabel/Ilustrasi/Gambar harus amat kontras, juga menyertakan file scanning (foto) terpisah dengan makalah dengan format file JPG. Keterangan Tabel, Gambar atau Penjelasan lain dalam Lampiran diketik 1 (satu) spasi.

 

2. Tata cara penulisan naskah / makalah ilmiah

  1. Tebal seluruh makalah sejak awal sampai akhir 12-14 halaman.
  2. Penulisan topik (Judul, Nama Penulis, Abstrak, Pendahuluan, Metode dst.) tidak menggunakan huruf kapital tetapi menggunakan Title Case (Capitalize Each Word) dan diletakkan di pinggir (sebelah kiri).
  3. Sistematika penulisan makalah adalah Judul (Bahasa Indonesia dan Inggris), Nama Penulis dan Identitas, Abstract dengan Key words, Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih (bila ada), Daftar Pustaka dan Lampiran (bila ada).
  4. Judul harus pendek, spesifik, tidak boleh disingkat dan informatif, yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  5. Nama penulis di bawah judul, identitas dan instansi penulis harus jelas, tidak boleh disingkat dan ditulis di bawah nama penulis.
  6. Abstrak maksimal terdiri dari 200 (dua ratus) kata, diketik 1 (satu) spasi dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
  7. Kata kunci (key words) maksimum 5 (lima) kata setelah abstrak.
  8. Metode Penelitian memuat peralatan/bahan yang digunakan (terutama yang spesifik), prosedur penelitian dan analisis statistik (bila ada).
  9. Daftar Pustaka disusun secara alfabetik tanpa nomor urut. Singkatan majalah/jurnal berdasarkan tata cara yang dipakai oleh masing-masing jurnal. Diketik 1 (satu) spasi dengan paragraf hanging 0.3” dan before 3.6 pt. Proporsi daftar pustaka, Jurnal/Majalah Ilmiah (60%), dan Text Book (40%). 

2018-07-13, Source : Redaktur JPS