Catalog :




Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 5 / No. 1 / Published : 2016-09

TOC : 2, and page :9 - 17

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Perbedaan kemandirian pada remaja yang berstatus sebagai anak tunggal ditinjau dari persepsi pola asuh orangtua

Author :

  1. Kamelia Dewi Purbasari*1
  2. Nur Ainy Fardana Nawangsari*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan pada kemandirian pada remaja yang berstatus sebagai anak tunggal ditinjau dari pola asuh orangtua. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja yang berusia 18-21 tahun dan berstatus sebagai anak tunggal. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah subjek sebanyak 62 orang. Alat ukur yang digunakan berupa kuisioner pola asuh yang terdiri dari 19 aitem valid dengan reliabilitas sebesar 0,918 berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Baumrind (1966) dengan tiga tipe pola asuh yaitu: otoriter, permisif, dan demokratis. Sedangkan alat ukur kemandirian terdiri dari 26 aitem valid dengan reliabilitas sebesar 0,810 berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Steinberg (2002). Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik uji bedaOne-Way Between Group ANOVA dengan bantuan program SPSS versi 16.00 for Windows.Hasil analisis data menunjukkan nilai F sebesar 1,942 dengan taraf siginifikansi sebesar 0,152 yang artinya tidak ada perbedaankemandirian pada remaja yang berstatus sebagai anak tunggal ditinjau dari persepsi pola asuh orangtua.

Keyword :

remaja, anak Tunggal, pola asuh, kemandirian.,


References :

  1. Uredi, M. E., (2008). The effect of perceived parenting style on sel regulated learning strategies and motivational beliefs.. 2.1.25-34 : International Journal about Parents in Education


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 5 / No. : 1 / Pub. : 2016-12
  1. Hubungan antara school bonding dengan kecenderungan melakukan bullying pada siswa sekolah menengah atas
  2. Perbedaan kemandirian pada remaja yang berstatus sebagai anak tunggal ditinjau dari persepsi pola asuh orangtua
  3. Perbedaan student well-being ditinjau dari persepsi siswa terhadap perilaku internasional guru
  4. Perbedaan prokrastinasi akademik ditinjau dari motivasi berprestasi dan kontrol diri pada mahasiswa
  5. Hubungan antara hardiness dengan adaptabilitas karir pada siswa smk kelas xii
  6. Gambaran self-regulated learning pada mahasiswa yang tidak menyelesaikan skripsi dalam waktu satu semester di fakultas psikologi universitas airlangga
  7. Strategi orang tua dalam mengoptimalkan potensi seni anak berbakat istimewa