Catalog :




Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 5 / No. 1 / Published : 2016-09

TOC : 4, and page :28 - 36

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Perbedaan prokrastinasi akademik ditinjau dari motivasi berprestasi dan kontrol diri pada mahasiswa

Author :

  1. Ni Nyoman Yogiswari W*1
  2. Endah Mastuti*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan prokrastinasi akademik apabila ditinjau dari motivasi berprestasi dan kontrol diri yang dilakukan oleh mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa yang telah menempuh studi 5 tahun atau lebih dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 104 orang di program studi X di salah satu PTN ternama di Surabaya. Alat ukur pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner dengan sistem online. Skala prokrastinasi akademik dan motivasi berprestasi disusun oleh Setyadi (2014), dan skala kontrol diri yang disusun oleh penulis yang terdiri dari 22 aitem. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pada hipotesis mayor yakni tidak terdapat perbedaan prokrastinasi akademik antara motivasi berprestasi dan kontrol diri yang dilakukan oleh mahasiswa (sig. 0,429). Kemudian pada hipotesis minor 1 menunjukkan tidak terdapat perbedaan prokrastinasi akademik dilihat dari motivasi berprestasi pada mahasiswa (sig. 0,237), dan pada hipotesis minor 2 menunjukkan terdapat perbedaan prokrastinasi akademik ditinjau dari kontrol diri pada mahasiswa (sig. 0,006).

Keyword :

prokrastinasi akademik, motivasi berprestasi, kontrol diri, mahasiswa,


References :

  1. Rumiani, (2006). Prokrastinasi akademik ditinjau dari motivasi berprestasi dan stres mahasiswa. 3.2.37-48 : Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 5 / No. : 1 / Pub. : 2016-12
  1. Hubungan antara school bonding dengan kecenderungan melakukan bullying pada siswa sekolah menengah atas
  2. Perbedaan kemandirian pada remaja yang berstatus sebagai anak tunggal ditinjau dari persepsi pola asuh orangtua
  3. Perbedaan student well-being ditinjau dari persepsi siswa terhadap perilaku internasional guru
  4. Perbedaan prokrastinasi akademik ditinjau dari motivasi berprestasi dan kontrol diri pada mahasiswa
  5. Hubungan antara hardiness dengan adaptabilitas karir pada siswa smk kelas xii
  6. Gambaran self-regulated learning pada mahasiswa yang tidak menyelesaikan skripsi dalam waktu satu semester di fakultas psikologi universitas airlangga
  7. Strategi orang tua dalam mengoptimalkan potensi seni anak berbakat istimewa