Catalog :




Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 5 / No. 1 / Published : 2016-09

TOC : 3, and page :18 - 27

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Perbedaan student well-being ditinjau dari persepsi siswa terhadap perilaku internasional guru

Author :

  1. Kurniasari Dwi Wati*1
  2. Tino Leonardi*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan student well-being ditinjau dari persepsi siswa terhadap perilaku interpersonal guru. Terdapat delapan bentuk perilaku interpersonal guru, yaitu leadership, helpful/friendly, understanding, student responsibility/freedom, uncertain, admonishing, dissatisfied dan strict. Selanjutnya akan dianalisa apakah terdapat perbedaan student wellbeing ditinjau dari kedelapan bentuk perilaku interpersonal guru tersebut. Subjek penelitian ini berjumlah 219 siswa dengan rentang usia 15-18 tahun yang bersekolah di SMA Negeri 16 Surabaya. Alat pengumpulan data untuk mengukur persepsi terhadap perilaku interpersonal guru menggunakan QTI (Questionnaire on Teacher Interaction) yang dikembangkan oleh Wubbels (1985) dan skala student well-being yang disusun sendiri oleh penulis. Analisis data dilakukan dengan teknik Anava Satu Jalur dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 22.0. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan pada student well-being ditinjau dari persepsi siswa terhadap perilaku interpersonal guru dengan nilai taraf signifikansi sebesar 0,004. Hasil analisa tambahan dengan menggunakan teknik statistik crosstabs menunjukkan 53,3 % dari siswa yang mempersepsikan perilaku gurunya helpful/ friendly memiliki tingkat student well-being yang tinggi. Sedangkan 60 % dari siswa yang mempersepsikan gurunya sebagai uncertain memiliki tingkat student well-being yang rendah

Keyword :

student well-being, persepsi, perilaku interpersonal guru, siswa SMA,


References :

  1. Field, A., (2009). Discovering Statistics Using SPSS. Third Edition. 1.1.1. : Sage Publications


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 5 / No. : 1 / Pub. : 2016-12
  1. Hubungan antara school bonding dengan kecenderungan melakukan bullying pada siswa sekolah menengah atas
  2. Perbedaan kemandirian pada remaja yang berstatus sebagai anak tunggal ditinjau dari persepsi pola asuh orangtua
  3. Perbedaan student well-being ditinjau dari persepsi siswa terhadap perilaku internasional guru
  4. Perbedaan prokrastinasi akademik ditinjau dari motivasi berprestasi dan kontrol diri pada mahasiswa
  5. Hubungan antara hardiness dengan adaptabilitas karir pada siswa smk kelas xii
  6. Gambaran self-regulated learning pada mahasiswa yang tidak menyelesaikan skripsi dalam waktu satu semester di fakultas psikologi universitas airlangga
  7. Strategi orang tua dalam mengoptimalkan potensi seni anak berbakat istimewa