Catalog :




Information Jurnal Farmasi Komunitas

Petunjuk Bagi Penulis

PETUNJUK BAGI PENULIS JFK (JURNAL FARMASI KOMUNITAS)

 

SEKRETARIAT:

Departemen Farmasi Komunitas Fakultas Farmasi Universitas Airlangga

Jl.Dharmawangsa Dalam, Telp.(031)5033710  Fax.(031)5020514 Surabaya-60286

Email: jfkffunair@gmail.com

 

Jurnal Farmasi Komunitas (JFK) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Departemen Farmasi Komunitas Fakultas Farmasi Universitas Airlangga. JFK menerima artikel ilmiah, baik hasil penelitian, pengabdian kepada masyarakat, atau review artikel, yang berasal dari beberapa disiplin ilmu seperti Farmasi Komunitas dan Klinik, Kesehatan Masyarakat, Kedokteran, Psikologi, Antropologi, dan lain-lain yang membahas topik terkait obat dan pengobatan di masyarakat. Naskah yang dimuat adalah naskah hasil seleksi yang telah disetujui Dewan Redaksi dan belum pernah dipublikasikan di penerbitan lain.

 

PETUNJUK BAGI PENULIS

 

1. Naskah ditulis dengan program Microsoft Word. Jenis huruf: Times New Romans, 12 point, ‘Reguler’ (khusus untuk judul; 14 point, ‘Bold’), dua spasi. Rumus struktur kimia dapat dibuat dengan Chemwin atau Chemdraw. Foto dan gambar dalam format jpg/jpeg dan untuk grafik dapat digunakan excel. Untuk tabel, dapat digunakan Microsoft Word.

2. Naskah dikirim dalam bentuk file (e-mail) pada kertas ukuran A-4 (210 x 297 mm), dengan jarak tepi 3 cm dari semua sisi, minimal sepuluh halaman maksimum enam belas halaman sudah termasuk tabel dan gambar. File tabel dan gambar ditempatkan di bagian paling bawah dari naskah setelah daftar pustaka.

3. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, disusun dengan urutan sebagai berikut:

- JUDUL ditulis dengan baku dan lugas menggunakan huruf kapital (maksimum 15 kata termasuk sub judul).

- Nama penulis/para penulis (tanpa gelar; nama depan ditulis dengan huruf kecil kecuali huruf pertama) beserta  nama lengkap instansi penulis. Jika para penulis berasal dari instansi yang berbeda maka gunakan tanda a), b), c) dan seterusnya dibelakang nama masing-masing penulis. Penulis yang menjadi alamat korespondensi diberi tanda*) dan alamat instansi harus tercantum dengan lengkap beserta alamat e-mail.

- ABSTRAK dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, masing-masing maksimal 200 kata.

- Kata Kunci/ Keywords 1-5 kata.

- PENDAHULUAN

- METODE PENELITIAN. Berisi penjelasan tentang: desain penelitian, teknik sampling, besar sampel, alat penelitian, analisis data dan lain-lain.

- HASIL DAN PEMBAHASAN

- Ucapan terima kasih

- DAFTAR PUSTAKA (lihat petunjuk)

4. Tabel dan keterangan tabel harus utuh dalam satu halaman. Judul tabel ditulis di bagian atas tabel dengan  nomor urut angka arab.

5. Gambar termasuk grafik, maksimum 1 halaman dan minimum ¼ halaman. Judul gambar ditulis di bagian bawah gambar dengan nomor urut angka arab.

6.Penulisan pustaka mengikuti gaya Harvard (http://sydney.edu.au/library/subjects/downloads/citation/Harvard_Complete.pdf).

 A.      Referensi didalam naskah

 a. Sitasi dari satu pustaka

Penggunaan NSAIDs selama enam bulan atau lebih menyebabkan lesi lambung dan usus pada 37.1% pasien dan ulser pada 24% pasien (Cheatum et al. 1999).

b. Sitasi dari lebih dari satu pustaka

Pelayanan kefarmasian dalam bentuk MTM telah terbukti meningkatkan outcome klinik, ekonomi, dan humanistic serta kepatuhan penggunaan obat pada penderita hipertensi, hyperlipidemia, diabetes, dan asma (Cranor et al. 2003; Bunting et al. 2008; Lee et al. 2006, Isetts et al. 2006; Fera et al. 2008; Bluml et al. 2000).

c. Mensitasi nama penulis pada naskah

Menurut Fountaine et al. (2005) kurang dari separuh responden yang merupakan pasien OA yang disarankan untuk meningkatkan aktivitas fisik oleh tenaga kesehatan. 

 B. Penulisan pada daftar pustaka

 a. BUKU

Rantucci, MJ 1997, Pharmacist talking with patients: a guide to patient counseling, Williams and Wilkins, Baltimore.        

b. JURNAL ARTIKEL

Pinto, SL, Lively, BT, Siganga, W, Holiday-Goodman, M, Kamm, G 2006, ‘Using the Health Belief Model to test factors affecting patient retention in diabetes-related pharmaceutical care services’, Res Social Adm Pharm, 2(1), pp. 38-58.           

c. TESIS ATAU DISERTASI

Nugraheni G 2013, ‘Managing medication regimen: arthritis patients’ perception’ Master thesis, University of Toledo.

d. WEB PAGES DAN WEBSITES

Center for Disease Control and Prevention 2011, Osteoarthritis viewed 10 April 2012),  http:/www.cdc.gov/arthritis/basics/osteoarthritis.htm.

e. PERATURAN PEMERINTAH

Pemerintah Republik Indonesia 2009, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian, viewed 21 Januari 2014,

http://www.litbang.depkes.go.id/sites/download/regulasi/pp/PP_No._51_Th_2009.pdf

7. Naskah dikirim via email jfkffunair@gmail.com. Penulis akan menerima email yang memberitahukan bahwa naskah telah diterima oleh dewan redaksi untuk kemudian akan direviu. Hasil reviu yang menyatakan naskah diterima atau ditolak akan diberitahukan via email ke penulis dalam waktu maksimal dua bulan. Naskah yang diterima akan dikoreksi, diberi catatan dan dikirimkan kembali kepada penulis untuk diperbaiki. Penulis mengirimkan kembali naskah yang telah diperbaiki dalam bentuk file selambat-lambatnya satu bulan.

 

***

2015-11-16, Source :