Catalog :




Information Journal of Public Health Research and Comunity Health Development

Petunjuk Penulis

GAYA SELINGKUNG penelitian

PEDOMAN PENULISAN NASKAH ARTIKEL ILMIAH JOURNAL OF PUBLIC HEALTH RESEARCH

AND COMMUNITY HEALTH DEVELOPMENT (JPH RECODE)

  1. Naskah yang dikirimkan kepada redaksi jurnal adalah naskah hasil penelitian atau naskah kegiatan pengabdian masyarakat atau naskah konsep telaah pustaka (studi literatur) yang tidak pernah dipublikasikan di tempat lain dengan penulis mengisi formulir orisinalitas saat submit. Surat keterangan telah dilakukan ethical clearance dilampirkan jika ada.
  2. Setiap penulisan artikel maksimal 15 halaman. Jurnal berisi 8 artikel dari penerbitan yang satu ke penerbitan selanjutnya.
  3. Naskah tidak berisi pelanggaran ilmiah seperti pemalsuan dan plagiarisme. Oleh karena itu saat submit artikel pertama kali langsung dilampirkan form orisinalitas
  4. Untuk penelitian yang terdapat ujian ethical clearance, harap mengirim surat keterangan ethical clearance ke email saat artikel sudah dikoreksi oleh reviewer / mitra bestari
  5. Naskah yang dikirimkan memuat judul, nama  (tim)  penulis,  afiliasi penulis,  abstrak dalam bahasa  Inggris dan bahasa Indonesia, pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, kesimpulan dan saran. Penulisan selurih artikel tidak diperkenankan menulis poin-poin misalnya 1,2,3 atau a,b,c.
  6. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia menggunakan Times New Roman ukuran 10.
  7. Nama penulis, asal institusi, email peneliti dicantumkan dibawah judul menggunakan Times New Roman ukuran 10. Email yang dicantumkah adalah penulis pertama.
  8. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan maksimal 7 kata kunci. Penulisan abstrak dalam 1 (satu) paragraf dengan jumlah 200-300 kata.
  9. Pendahuluan memuat latar belakang, identifikasi masalah dan tujuan.
  10. Metode yang digunakan dijelaskan secara rinci, lokasi dan waktu penelitian, menyebutkan desain atau rancangan penelitian, sasaran (populasi, sampel, sumber data), teknik dan instrumen pengumpulan data, dan teknik analisis data.
  11. Hasil berupa keluaran penelitian  dengan memaparkan temuan-temuan yang otentik dan valid serta sesuai dengan tujuan dan metode penelitian.
  12. Pembahasan berisi interpretasi hasil penelitian, mengaitkan hasil penelitian dengan teori, pustaka serta temuan terdahulu yang relevan.
  13. Kesimpulan dan saran menjawab masalah dan tujuan penelitian. Saran mengacu pada tujuan, logis, dan tepat guna serta operasional.
  14. Tabel diketik 1 spasi  dan diberi nomor urut  sesuai dengan tampilan teks. Tabel hanya menampilkan garis horizontal.
  15. Rujukan ditulis sesuai aturan Hardvard. Rujukan harus urut sesuai aturan baku penulisan daftar pustaka, maksimal 30 rujukan, diutamakan rujukan jurnal terkini.
  16. Diketik memakai program pengolah kata Microsoft Word dengan panjang artikel maksimal 15 halaman dengan jenis huruf Times New Roman dan ukuran 10 kertas A4 (29,7 cm X 21 cm) berspasi 1.
  17. Ketentuan marjin atas: 3 cm; kiri (left) : 2,5 cm; bawah (bottom): 3 cm, dan kanan (right): 2 cm. TIDAK menggunakan add space before paragraph dan TIDAK menggunakan add space after paragraph.
  18. Naskah diketik dalam satu kolom pada judul dan abstrak, lalu memasuki pendahuluan sampai daftar pustaka diketik dalam dua kolom, khusus untuk penulisan tabel menggunakan 1 kolom serta hal terpenting adalah format tabel dan gambar tidak boleh terpotong.

     19. Artikel yang akan dimuat harus sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan. Setiap artikel yang   masuk ke redaksi akan dipilih melalui proses koreksi oleh Editorial Board. Kemudian, jika sudah sesuai teknik penulisannya, maka artikel tersebut akan dikirim online ke Mitra Bestari / reviewer. Setelah itu, artikel dari reviewer atau Mitra Bestari akan dikembalikan oleh pengelola jurnal kepada penulis untuk direvisi.

20. Setiap tahapan dalam proses publikasi sejak awal submit sampai final akan diberikan feedback via email untuk penulis

2018-08-11, Source : JPH RECODE