Catalog :




Information Japanology

Profil Japanology

Japanology adalah jurnal yang memuat artikel atau karya ilmiah hasil penelitian tentang studi Jepang dari mahasiswa dan dosen Program Studi Studi Kejepangan serta peneliti di bidang kejepangan secara periodik setiap 2 kali dalam setahun. Studi tentang Jepang ini meliputi bidang budaya dan masyarakat Jepang, sastra, linguistik dan sejarah Jepang.

Saat ini Indonesia masuk dalam urutan nomor dua di dunia setelah Cina sebagai negara pembelajar bahasa Jepang terbanyak di dunia. Dari survei, ketertarikan budaya Jepang khususnya budaya populer menjadi pendorong anak muda Indonesia belajar tentang Jepang. Banyak hal menarik yang bisa diteliti dari Jepang. Budaya tradisional Jepang yang masih ada sampai saat seperti kabuki, noh, dan festival yang ada di lingkaran hidupnya menjelaskan kepada kita bangsa Jepang mampu menjaga budayanya. Budaya populer Jepang seperti anime, fashion, manga, musik menjadi kiblat anak muda Indonesia saat ini. Masalah-masalah sosial yang timbul saat ini di Jepang sehubungan dengan perubahan keluarga, berkurangnya jumlah anak, peningkatan lansia dapat menjadi pembelajaran untuk kita dalam menghadapi masalah yang sama kelak.

Terbit dua kali dalam setahun, Japanology merupakan wadah untuk publikasi tentang Jepang. Japanoloy mengundang mahasiswa, dosen maupun pengamat tentang kejepangan untuk berdiskusi dan menganalisis Jepang. Japanology menerima artikel tentang studi Jepang meliputi budaya Jepang baik tradisional maupun populer, masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat Jepang, sastra, linguistik dan sejarah Jepang.

2018-10-23, Source : Program Studi Studi Kejepangan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga