Catalog :




Information Journal of Public Health Research and Comunity Health Development

Selingkung Penelitian

 SELINGKUNG Penelitian


JUDUL DITULIS DENGAN FONT TIMES NEW ROMAN 10 BOLD SPASI 1

(MAKSIMAL 12 KATA : Bahasa Indonesia)

(MAKSIMAL 10 KATA : Bahasa Inggris)

 

Penulis1, Penulis2, Penulis3 : (ditulis nama lengkap tanpa gelar, times new roman  10 bold justify)

Penulis* : (jika penulis hanya 1 orang saja times new roman  10 bold justify)

1afiliasi = institusi penulis (departemen/program studi,fakultas,universitas) atau nama lembaga asal : (times new roman 10 justify)

2afiliasi = institusi penulis (departemen/program studi,fakultas,universitas) atau nama lembaga asal : (times new roman 10 justify)

3afiliasi = institusi penulis (departemen/program studi,fakultas,universitas) atau nama lembaga asal : (times new roman 10 justiify)

 

 

Abstract (Times New Roman 10 Bold Italic Centered) : This guidline must be followed by the author that will be submit the paper at JPH RECODE. Abstract is written in English and Indonesian up to 250 words. Abstract should be written using

Time New Roman 10, single italic and in one column format. Abstract must be contained title of article, bacground, aims, methode, result and conclusion.

Keywords: must be writen with 3-7 words (TNR 10)

 

Abstrak (Times New Roman 10  Bold Italic Centered): Petunjuk penulisan ini harus diikuti oleh penulis yang akan mengirim artikelnya di JPH RECODE. Abstrak ditulis dalam dua bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia maksimal 250 kata. Abstrak ditulis dengan huruf Times New Roman 10, spasi 1, dan dicetak miring dengan format 1 kolom. Abstrak harus berisi judul artikel, latar belakang, tujuan, metode, hasil penelitian dan kesimpulan

 

Kata Kunci : kata kunci ditulis dalam 3-7 kata sebaiknya merupakan subset dari judul makalah sehingga spesifik, ditulis dengan huruf kecil. Contoh: perilaku, ibu hamil, status gizi) 

PENDAHULUAN (bold, spasi 1)

Instruksi dibawah ini adalah penduan bagi penulis yang akan mengirimkan naskah paper. Bagian pendahuluan berisi latar belakang masalah yang diikuti dengan beberapa kajian pustakan, identifikasi masalah dan tujuan penelitian. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf, dengan panjang pendahuluan 15%--20% dari total panjang artikel. Pendahuluan tanpa subjudul, memuat latar belakang masalah, sedikit tinjauan pustaka dan identifikasi masalah serta tujuan penelitian.

 

METODE (bold, spasi 1)

Bagian metode berisi paparan dalam bentuk paragraf tentang rancangan atau desain penelitian, populasi dan sampel, sumber data, teknik dan instrumen  pengumpulan data, dan analisis data yang dilakukan peneliti  dengan panjang 10%-15% dari total panjang artikel. 
 

HASIL (bold, spasi 1)

Hasil berisi keluaran penelitian dengan memaparkan temuan-temuan yang otentik dan valid serta sesuai dengan tujuan dan metode penelitian. Contoh penulisan hasil statistik dalam format tabel yaitu:

Tabel 1. Risiko Paparan Asap Rokok Terhadap Kejadian Anemia pada Ibu Hamil Tahun X di Wilayah Kerja Puskesmas Y

Paparan Asap Rokok

Kejadian Anemia

Total 

Odds Ratio

Ya

Tidak

......................

.....................

.....................

.....................

4,04

.....................

.....................

.....................

.....................

Total

.....................

.....................

.....................

Sumber: data primer

Hasil penelitian menunjukkan adanya risiko paparan asap rokok terhadap kejadian anemia ibu hamil sebesar 4,04 kali karena OR=4,09; 95% CI (1,07<OR<16,26).

 

 Tabel 2. Hubungan Faktor Lingkungan Dengan Kejadian Tuberkulosis pada Anak Tahun X di Kabupaten Y

Faktor Lingkungan

Kejadian Tuberkulosis pada Anak

Total

p value

Ya

Tidak

.....................

........................

........................

........................

0,02

......................

.......................

........................

........................

Total

........................

........................

........................

Sumber: data primer

Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan faktor lingkungan dengan kejadian Tuberkulosis pada anak karena p = 0,02 < α = 0,05.

 Keterangan atau judul tabel diletakkan di atas tabel. Masing-masing tabel dan gambar harus diberi nomor (seperti: “Tabel 1” atau “Gambar 1”). Tabel diketik 1 spasi dengan ukuran huruf 11 pt dan diberi nomor urut sesuai dengan penampilan dalam teks. Judul dibuat singkat dan lengkap. Tabel tidak boleh terpotong harus dijadikan menjadi satu halaman.

 

PEMBAHASAN (bold, spasi 1)

Pembahasan berisi pemaknaan interpretasi hasil dan perbandingan dengan teori atau hasil penelitian terdahulu yang relevan. Pustaka  acuan melihat  proporsi terbitan 10 tahun terakhir. Setiap hasil penelitian harus dibahas sedalam mungkin. Panjang paparan pembahasan 20%-60% dari total panjang artikel.

 

KESIMPULAN DAN SARAN (bold, spasi 1)

Kesimpulan

Kesimpulan berisi hasil temuan penelitian yang berupa jawaban dari pertanyaan dan tujuan penelitian yang berupa inti dari penelitian. Kesimpulan tidak mengulang hasil atau pembahasan, namun poin-poin penting dari hasil penelitian dipaparkan dalam kesimpulan.

Saran

Saran berisi masukan atau rekomendasi dari penulis bagi pembaca atau bagi yang ingin melakukan penelitian pada ranah yang sama. Saran ditulis poin-poin namun spesifik. Saran mengacu  pada tujuan, logis, dan efektif serta operasional bahwa penelitian tersebut perlu dilanjutkan.

 

DAFTAR PUSTAKA (bold, spasi 1)

Penulisan rujukan pada teks sesuai aturan Harvard maksimal 25 rujukan dan diutamakan rujukan jurnal terkini (10 tahun terakhir). Ditulis tanpa memakain nomor urut. Cantumkan nama belakang penulis dan inisial nama depan diurut sesuai inisial nama belakang penulis. Maksimal 5 orang bama penulis ditulis semua. Jika lebih dari 5 orang, diikuti “dkk” atau “et al”. Daftar rujukan/isu disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis spasi 1 menggunakan dua kolom.

2018-01-01, Source : JPH RECODE