Catalog :




Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 5 / No. 1 / Published : 2016-09

TOC : 7, and page :60 - 74

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Strategi orang tua dalam mengoptimalkan potensi seni anak berbakat istimewa

Author :

  1. Syafatania*1
  2. Iwan Wahyu Widayat*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi orang tua dalam mengoptimalkan potensi seni anak berbakat istimewa. Anak berbakat istimewa yang potensinya teroptimalkan dapat menjadi salah satu sumber daya manusia berkualitas yang dimiliki negara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus intrinsik. Subjek penelitian terdiri dari tiga orangtua yang memiliki anak berbakat istimewa. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, studi dokumen, dan catatan lapangan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis tematik. Berdasarkan pada hasil penelitian pada ketiga subjek, disimpulkan bahwa terdapat 50 tema strategi orang tua dalam mengoptimalkan potensi seni anak berbakat istimewa. Tema-tema tersebut lalu dikelompokkan menjadi 10 cluster, yaitu memberi kesempatan anak belajar hal baru, berusaha memahami anak, menyediakan fasilitas (materiil dan non materiil), memancing anak untuk meningkatkan kemampuannya, memberi motivasi anak untuk berkarya, mendampingi anak dalam berkarya, memberi kebebasan untuk anak fokus pada bidangnya, memiliki rencana ke depan dan mengusahakannya, tidak menekan anak dan melakukan kontrol.

Keyword :

strategi orangtua, potensi seni, anak berbakat istimewa,


References :

  1. Marilyn, W., (2012). The Child Development Project: Building Character by Building Community. 20.4.56-69 : Action in Teacher Education


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 5 / No. : 1 / Pub. : 2016-12
  1. Hubungan antara school bonding dengan kecenderungan melakukan bullying pada siswa sekolah menengah atas
  2. Perbedaan kemandirian pada remaja yang berstatus sebagai anak tunggal ditinjau dari persepsi pola asuh orangtua
  3. Perbedaan student well-being ditinjau dari persepsi siswa terhadap perilaku internasional guru
  4. Perbedaan prokrastinasi akademik ditinjau dari motivasi berprestasi dan kontrol diri pada mahasiswa
  5. Hubungan antara hardiness dengan adaptabilitas karir pada siswa smk kelas xii
  6. Gambaran self-regulated learning pada mahasiswa yang tidak menyelesaikan skripsi dalam waktu satu semester di fakultas psikologi universitas airlangga
  7. Strategi orang tua dalam mengoptimalkan potensi seni anak berbakat istimewa