UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

AntroUnairDotNet

ISSN 2303-3053

Vol. 6 / No. 3 / Published : 2017-03

Order : 4, and page :325 - 336

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Gaya belajar program distance learning siswa homeschooling

Author :

  1. Annisa Arda Shabrina*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Abstract Improving the quality of Indonesian human resources, the government focuses on developing school education. The students and parents who are difficult to follow the concept of formal schooling then can choose non-formal schools such as homeschooling as an alternative solution to get the education.  This research is analyzing the reasons of  parents and students to choose to study in Homeschooling Kak Seto (HSKS) Surabaya,  what the urgency for the parents choose distance learning program and learning style of students Homeschooling Kak Seto (HSKS) Surabaya distance learning program. This research method is descriptive study by using qualitative approach. Technique of data collecting through (1) observasing based that environmental condition and learning process conducted in HSKS and (2) indepth interview, depth interview until the data obtained is enough. Based on the results of the study note that the learning program in Homeschooling Kak Seto Surabaya is divided into two namely community and distance learning. The concept of this community where students can attend at the homeschooling Kak Seto school location and then study with other students accompanied by tutors according to a predetermined schedule. Distance learning program where the tutor who attend to the location where the students live so that learning is more focused and private. As for the reasons parents and students choose learning distance learning system due to the ease given in the teaching and learning process so it is considered as a solution. Student learning styles with distance learning program consists of three types of visual learning styles, audio learning styles and kinesthetic learning styles. Determination of this learning style are tailored to the characteristics of students to be comfortable in receiving learning. Keywords: Distance learning Program, Learning Process     Abstrak   Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, pemerintah fokus dalam pengem bangan pendidikan sekolah. Bagi siswa dan orang tua yang terkendala mengikuti konsep sekolah formal maka dapat memilih sekolah nonformal seperti homeschooling ini sebagai alternatif solusi pemenuhan kebutuhan pendidikan bagi anak. Pada tulisan ini yakni mengenai alasan orang tua dan siswa untuk memilih belajar di Homeschooling Kak Seto (HSKS) Surabaya, alasan orang tua memilih program distance learning dan gaya belajar siswa Homeschooling Kak Seto (HSKS) Surabaya program distance learning. Metode penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui (1) observasi yakni mengamati keadaan lingkungan dan proses pembelajaran yang dilakukan di HSKS dan (2) indepth interview, wawancara mendalam hingga data yang diperoleh dinilai cukup. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa program pembelajaran di Homeschooling Kak Seto Surabaya dibagi menjadi dua yakni komunitas dan distance learning. Konsep komunitas ini dimana siswa datang pada lokasi sekolah Homeschooling Kak Seto kemudian belajar dengan siswa lain didampingi tutor sesuai jadwal yang telah ditentukan. Program distance learning dimana tutor yang datang ke lokasi tempat tinggal siswa sehingga pembelajaran lebih fokus dan privat. Adapun alasan orang tua dan siswa memilih sistem pembelajaran distance learning disebabkan kemudahan yang diberikan dalam proses pengajaran dan pembelajaran sehingga dinilai sebagai solusi. Gaya belajar siswa dengan program distance learning terdiri dari tiga jenis yakni gaya belajar visual, gaya belajar audio dan gaya belajar kinestetik. Penentuan gaya belajar ini disesuaikan dengan karakteristik siswa agar nyaman dalam menerima materi pembelajaran. Kata Kunci : Distance learning Program, Proses Pembelajaran

Keyword :

Distance learning Program, Proses Pembelajaran,


References :

Astuti, E. S. ,(2010) Bahan Dasar Untuk Pelayanan Konseling Pada Satuan Pendidikan Menengah Jilid I. AntroUnairdotNet, Vol.VI/No.3/Oktober 2017, hal 336 : Jakarta: PT Grasindo.

Handoyo H.B. ,(2011) Membuat Anak Gemar & Pintar Matematika. AntroUnairdotNet, Vol.VI/No.3/Oktober 2017, hal 336 : Jakarta: Transmedia Pustaka





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 6 / No. : 3 / Pub. : 2017-03
  1. Tradisi Upacara Ogoh-ogoh
  2. Siasat Manipulatif Dalam Kompetisi Pengemudi Gojek Di Kota Surabaya
  3. Cosplay Fungsi Komunitas Cosura Bagi Para Anggotanya
  4. Gaya Belajar Program Distance Learning Siswa Homeschooling
  5. Graffiti Pada Komunitas Me Can Awesme Di Kota Tuban
  6. Kehidupan Mahasiswi Sebagai Sales Promotion Girl Di Kota Surabaya
  7. 220 Konflik Antar Mahasiswa Asal Indonesia Timur Di Kota Malang, Jawa Timur
  8. Fungsi Komunitas Laskar Sedekah Surabaya Bagi Anggotanya
  9. Fungsi Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya
  10. Peran Ganda Perempuan Matrifokal Di Koperasi Setia Bhakti Wanita Surabaya
  11. Fungsi Komunitas Fotografi Sourabaya In Frame Di Surabaya
  12. Strategi Adaptasi Pedagang Di Sentra Ikan Bulak Kelurahan Kedung Cowek Kecamatan Bulak Kota Surabaya
  13. Fungsi Tempat Pelelangan Ikan Pelabuhan Nusantara Prigi Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek
  14. Fungsi Taman Bungkul Surabaya
  15. Adaptasi Pekerja Tambak Dan Bukan Pekerja Tambak Terhadap Lingkungannya
  16. Fungsi Handphone Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Airlangga
  17. Deteksi Dini Osteoporosis Pada Remaja Putri Siswi Sma Ta’miriyah Surabaya
  18. Penanaman Tembakau Di Dusun Tattat Madura Sejak Diberlakukan Undang-undang Ri No. 32/2010 Tentang Larangan Merokok