ISSN
Vol. 2 / No. 1 / Published : 2013-07
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Artikulasi fanatisme elf di dunia maya (studi dalam kelompok the neo korean wave dalam twiter)
Author :
- Apfia Dita Raharja *1
- mahasiswa
Abstract :
ABSTRAK
Penelitian berjudul Artikulasi Fanatisme Elf Di Dunia Maya (Studi Dalam Kelompok The Neo Korean Wave Dalam Twiter) membahas Elf sebagai kelompok The Neo Korean Wave mengartikulasikan fanatisme mereka melalui Twitter. Topik ini menarik untuk diteliti karena adanya fenomena fans yang telah go online. Peneliti memilih Elf sebagai obyek penelitian karena Elf merupakan fans yang aktif dan teroganisir. Elf juga aktif menggunakan sosial media, bahkan bisa menempatkan Super Junior sebagai artis yang berpengaruh dalam sosial media semenjak tahun 2010. Peneliti menggunakan tinjauan pustaka internet dan budaya populer; fandom dan komunitas virtual sebagai bentuk new wave; fanatisme; analisis tekstual Saussure, dan virtual identity. Selain itu, penelitian ini menggunakan analisis tekstual Ferdinand Saussure yang mencari makna denotasi dan konotasi tanda. Elf mengartikulasikan fanatisme dengan menunjukkan kedekatan, peran, dan melakukan fanwar. Kedekatan Elf ditunjukan melalui identitas dan berinteraksi dengan idola. Peran ditunjukkan melalui berpartisipasi dalam fanspeak, membuat fiksi, dan menjadi sumber informasi bagi fandom.
Kata kunci: artikulasi, fanatisme, Elf, Twitter, fans
Keyword :
artikulasi, fanatisme, elf, twitter, fans,
References :
Ackhart, M & Cuyler E.,(2009) Psychology Of Relationships, New York : Nova Science Publishers Inc.,
Archive Article
Cover Media |
Content |
Volume : 2 / No. : 1 / Pub. : 2013-02 |
- Pola Komunikasi Pasangan Dual-worker Marriages Dalam Pengembangan Fisik Anak
- Artikulasi Fanatisme Elf Di Dunia Maya (studi Dalam Kelompok The Neo Korean Wave Dalam Twiter)
- Penggambaran Perempuan Bali Dalam Film (analisis Wacana Perempuan Bali Dalam Film “under The Tree” Karya Garin Nugroho)
- Opini Dan Karakteristik Warga Rt 7/rw 12 Kelurahan Rungkut Kidul Surabaya Terhadap Kompor Gas Alam
- Analisis Framing Pemberitaan Kompas.com Dan Vivanews.com Pada Peristiwa Runtuhnya Terowongan Tambang Pt Freeport Indonesia
- Studi Perubahan Budaya Organisasi Rri Programa 2 (pro 2) Fm Surabaya Sebagai Implikasi Dari Perubahan Segmentasi Di Tahun 2012
- Make Up Sebagai Tampilan Maskulin Dalam Video Klip Super Junior “mr. Simple” Dan “no Other”
- Representasi Masyarakat Urban Jakarta Dalam Film Jakarta Maghrib
- Interpretasi Remaja Terhadap Bentuk Romantisme Dalam Serial Drama Korea: Boys Before Flowers (bbf), Full House, Dan Playful Kiss
- Penggambaran Passion, Intimacy, Dan Commitment Dalam Film Love
- Strategi Bauran Komunikasi Pemasaran Onlineshop
- Narasi Film Genre Thriller “modus Anomali”
- Strategi Public Relations Hotel Banyan Tree Ungasan Dalam Mengimplementasikan Program Corporate Social Responsibility (studi Kasus Tri Hita Karana)
- Gambaran Maskulinitas Dalam Majalah K-pop Terbitan Indonesia
- “strategi Komunikasi Pemutusan Hubungan Pada Committed Romantic Relationship Lesbian”
- Family Copping With Strss Ibu Tunggal Dan Anak Paska Perceraian Di Surabaya
- Analisis Loyalitas Konsumen Pada Brand Nokia (studi Deskriptif Loyalitas Konsumen Remaja Akhir Pada Merek Nokia Di Surabaya)
- Strategi Caregivers Dalam Mengkomunikasikan Gender (gender Socialization) Pada Anak-anak Lembaga Pengasuhan Sos Children’s Village Lembang, Jawa Barat
- Bentuk-bentuk Strategi Komunikasi Pemasaran Rasa Sayang “bluefish” Di Surabaya
- Analisis Tekstual Tentang Konsep Aging Pada Perempuan Midlife Dalam Artikel-artikel Di Majalah Pesona
- Motif Dan Adiksi Pemain Game Online : (studi Deskriptif Tentang Motif Dan Adiksi Pemain Game Online Dragon Nest Di Surabaya)
- Strategi Komunikasi Organisasi Antara Atasan Dan Bawahan Pasca Restrukturisasi Manajemen (studi Kasus Pada Deteksi Jawa Pos)
- Stressor Dan Strategi Management Vertical Stressor Komunikasi Keluarga Etnis Campuran Tionghoa Dan Batak
- Strategi Imc (integrated Marketing Communications) Di Dalam Sistem Pemasaran Multi Level Yang Dilakukan Oleh Konsultan Oriflame Di Surabaya
- Penerimaan Remaja Kelas Menengah Di Surabaya Terhadap Tayangan Musik Pop Melayu Di Televisi
|