Commonline
ISSN
Vol. 3 / No. 1 / Published : 2014-06
Order : 1, and page :1 - 15
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Mitos ibu dalam tayangan reality show ibu di trans tv
Author :
- Amanda Anindita Kirana *1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
ABSTRAK Penelitian ini berfokus pada mitos Ibu dalam tayangan reality show “Ibu” di Trans TV. Peneliti menggunakan analisis semiotika Roland Barthes untuk menganalisis secara denotasi, konotasi dan mitos. Ibu yang digambarkan pada tayangan ini berperan ganda yaitu berperan dalam ranah domestik dan ranah publik. Ibu tidak hanya mengurus rumah tangga, namun seorang ibu juga mencari nafkah untuk keluarga. Peneliti melakukan analisis pada opening scene dan salah satu episode “Ibu” yang berjudul Supir Angkot. Tayangan dengan format reality show ini berusaha untuk menciptakan realitas mengenai ibu berdasarkan kisah nyata. Berdasarkan hasil penelitian, tayangan ini berusaha menampilkan mitos ibu terkait dengan domestifikasi peran ibu dan kehadiran peran ibu dalam ranah publik. Penggambaran kelas sosial bawah juga ditampilkan melalui setting tempat, rumah tinggal, pakaian dan pekerjaan yang ada dalam tayangan reality show Ibu. Kata Kunci: Mitos, Ibu, Gender, reality show, semiotika Roland Barthes
Keyword :
mitos, Ibu, Gender, reality show, semiotika Roland Barthes,
References :
Barnard, M.,(2011) Fashion sebagai Komunikasi : Cara Menkomunikasikan Identitas Sosial, Seksual, Kelas dan Gender Yogyakarta : Jalasutra.
Budiman, A,(1985) Pembagian Kerja Secara Seksual Jakarta : Gramedia
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 3 / No. : 1 / Pub. : 2014-04 |
|