UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 3 / No. 1 / Published : 2014-06

Order : 1, and page :1 - 15

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Mitos ibu dalam tayangan reality show ibu di trans tv

Author :

  1. Amanda Anindita Kirana *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK  Penelitian ini berfokus pada mitos Ibu dalam tayangan reality show “Ibu” di Trans TV. Peneliti menggunakan analisis semiotika Roland Barthes untuk menganalisis secara denotasi, konotasi dan mitos. Ibu yang digambarkan pada tayangan ini berperan ganda yaitu berperan dalam ranah domestik dan ranah publik. Ibu tidak hanya mengurus rumah tangga, namun seorang ibu juga mencari nafkah untuk keluarga. Peneliti melakukan analisis pada opening scene dan salah satu episode “Ibu” yang berjudul Supir Angkot. Tayangan dengan format reality show ini berusaha untuk menciptakan realitas mengenai ibu berdasarkan kisah nyata. Berdasarkan hasil penelitian, tayangan ini berusaha menampilkan mitos ibu terkait dengan domestifikasi peran ibu dan kehadiran peran ibu dalam ranah publik. Penggambaran kelas sosial bawah juga ditampilkan melalui setting tempat, rumah tinggal, pakaian dan pekerjaan yang ada dalam tayangan reality show Ibu.   Kata Kunci: Mitos, Ibu, Gender, reality show, semiotika Roland Barthes

Keyword :

mitos, Ibu, Gender, reality show, semiotika Roland Barthes,


References :

Barnard, M.,(2011) Fashion sebagai Komunikasi : Cara Menkomunikasikan Identitas Sosial, Seksual, Kelas dan Gender Yogyakarta : Jalasutra.

Budiman, A,(1985) Pembagian Kerja Secara Seksual Jakarta : Gramedia





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 1 / Pub. : 2014-04
  1. Mitos Ibu Dalam Tayangan Reality Show Ibu Di Trans Tv
  2. Wacana Peran Perempuan Dalam Kolom Story Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos
  3. Identitas Sinden Dalam Novel Indonesia
  4. Opini Masyarakat Surabaya Terhadap Tayangan Acara “reportase Investigasi”di Trans Tv
  5. Teknik-teknik Komunikasi Pemasaran Anggota Komonshop Indonesia Melalui Social Media
  6. Strategi Media Relations Divisi Penerangan Sosial Budaya (pensosbdud) Kbri Australia Terkait Pemberitaan Kasus Organisasi Papua Merdeka (opm).
  7. Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Rumah Cantik Citra Di Surabaya
  8. Tahapan Hubungan Menuju Pernikahan (commited Romantic Relationship) Pada Etnis Arab Di Kampung Arab Ampel, Surabaya
  9. Motif Pendengar Aktif Program Ebs Nine One One Dalam Mendengarkan Dan Mengirimkan Sms Pada Fitur Sos Number
  10. Gambaran Perempuan Karir Dalam Program News For Woman Sbo Tv
  11. Difusi Inovasi Jaring Pengusir Burung Pada Kelompok Tani Sumber Makmur Di Desa Kalibelo, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri
  12. Representasi Identitas Remaja Perempuan Indonesia Dalam Majalah Gogirl!
  13. Penerapan Promotional Tools Pada Umkm “amble Footwear”
  14. Pembentukan Couple Types Berdasarkan Komunikasi Dalam Menjalankan Role Family Function Pada Keluarga Dengan Stay At Home Dad
  15. Strategi Integrated Marketing Communications (imc) Dalam Reposisi Pada Cv. Khatulistiwa International Cargo