UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 3 / No. 1 / Published : 2014-06

Order : 4, and page :154 - 166

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Pembentukan couple types berdasarkan komunikasi dalam menjalankan role family function pada keluarga dengan stay at home dad

Author :

  1. Kinara Ayu Hati Imananda Putri *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK Penelitian ini mengidentifikasi pembentukan tipe pasangan (couple types) dalam sebuah keluarga dengan stay at home dad melalui analisis terhadap komunikasi keluarga dalam menjalankan perannya dalam family function. Penelitian ini menjadi penting karena terdapat fenomena pertukaran peran antara ayah dan ibu. Ayah dapat menjadi ayah rumah tangga (stay at home dad), ayah lebih banyak dirumah, mengurus tugas rumah tangga dan anak-anak dan pemenuhan kebutuhan finansial dilakukan oleh ibu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah couple types milih Fitzpatrick dan Gottman, dan role family function milik Galvin. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa pasangan dalam keluarga dengan stay home dad menggunakan berbagai cara dalam mengkomunikasikan power, seperti speaking, nonverbal, listening dan compliance power. Sedangkan komunikasi emosi dilakukan melalui bahasa verbal dan nonverbal dan productive serta unproductive strategy dalam menyelesaikan konflik. Sedangkan couple types yang pada akhirnya terbentuk memiliki perbedaan dari couple types yang diungkapkan sebelumnya seperti munculnya post-traditional dan post-independent.  Kata Kunci: Ayah, Power Dan Emosi, Konflik

Keyword :

Ayah, Power Dan Emosi, Konflik,


References :

Adler, R. B., Rosenfeld, Lawrence B., & Proctor, Russell F,(2007) Interplay: The Process of Interpersonal Communication (lOth ed) New York : Oxford University Press.

Galvin, K. M., Bylund, Carma L., & Brommel, Bemard J,(2004) Family Communication: Cohesion and Change (6th ed). New York : Pearson Education





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 1 / Pub. : 2014-04
  1. Mitos Ibu Dalam Tayangan Reality Show Ibu Di Trans Tv
  2. Wacana Peran Perempuan Dalam Kolom Story Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos
  3. Identitas Sinden Dalam Novel Indonesia
  4. Opini Masyarakat Surabaya Terhadap Tayangan Acara “reportase Investigasi”di Trans Tv
  5. Teknik-teknik Komunikasi Pemasaran Anggota Komonshop Indonesia Melalui Social Media
  6. Strategi Media Relations Divisi Penerangan Sosial Budaya (pensosbdud) Kbri Australia Terkait Pemberitaan Kasus Organisasi Papua Merdeka (opm).
  7. Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Rumah Cantik Citra Di Surabaya
  8. Tahapan Hubungan Menuju Pernikahan (commited Romantic Relationship) Pada Etnis Arab Di Kampung Arab Ampel, Surabaya
  9. Motif Pendengar Aktif Program Ebs Nine One One Dalam Mendengarkan Dan Mengirimkan Sms Pada Fitur Sos Number
  10. Gambaran Perempuan Karir Dalam Program News For Woman Sbo Tv
  11. Difusi Inovasi Jaring Pengusir Burung Pada Kelompok Tani Sumber Makmur Di Desa Kalibelo, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri
  12. Representasi Identitas Remaja Perempuan Indonesia Dalam Majalah Gogirl!
  13. Penerapan Promotional Tools Pada Umkm “amble Footwear”
  14. Pembentukan Couple Types Berdasarkan Komunikasi Dalam Menjalankan Role Family Function Pada Keluarga Dengan Stay At Home Dad
  15. Strategi Integrated Marketing Communications (imc) Dalam Reposisi Pada Cv. Khatulistiwa International Cargo