UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 1 / No. 1 / Published : 2012-01

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Penggunaan facebook sebagai media internet marketing

Author :

  1. Theresia Alix Retno*1
  1. mahasiswa

Abstract :

ABSTRAK Penelitian ini mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran butik online di Surabaya melalui facebook. Facebook merupakan jejaring sosial yang paling banyak digunakan di dunia, bahkan menurut hasil survei Global Monitor (Prihadi: 2009)  Indonesia merupakan Negara dengan pengguna facebook terbesar di benua Asia dan Australia. Perkembangan facebook sekarang ini tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi, namun sudah merambah ke dunia pemasaran, salah satunya butik online. Fashion merupakan hal yang akan dan selalu dibutuhkan orang (Gladys: 2012). Maka dari itu butik online menjadi sangat digemari. Dengan karakteristik facebook yang terbuka pada seluruh penggunanya memunculkan persaingan antar pemasar. Persaingan tersebut menjadi tantangan bagi pemilik butik online agar dapat bersaing secara sehat dengan kompetitor yang ada. Salah satu upayanya adalah dengan menentukan strategi komunikasi pemasaran yang tepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan kekayaan data mengenai strategi komunikasi pemasaran butik online di Surabaya melalui facebook. Peneliti menentukan 5 butik online sebagai objek penelitian dengan menggunakan purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan metode observasi untuk melihat secara langsung kegiatan komunikasi pemasaran butik online terpilih dan wawancara mendalam (in-depth interview) untuk mengkroscek hasil observasi yang dilakukan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa internet marketing mampu memfasilitasi penerapan tools dalam promotional mix secara terintegrasi, dan berbeda dengan cara konvensional. Selanjutnya adalah pemasaran butik online menggunakan tools advertising, sales promotion, direct marketing, public relations, dan personal selling dengan taktik yang bervariasi.   Keyword: strategi komunikasi pemasaran, butik online, Surabaya, facebook

Keyword :

strategi komunikasi pemasaran, butik online, Surabaya, facebook,


References :

Achiles,(2009) Tren Gaya Hidup Remaja Surabaya : dari http://achiles-punyablog.blogspot.com/2009/02/tren-gaya-hidup-remajafacebook-

Baran, Stanley J,(1999) Introduction to Mass Communication, Media Literacy and Culture California : Mayfield Publishing Company





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 1 / No. : 1 / Pub. : 2012-01
  1. Penerimaan Pembaca Perempuan Terhadap Peranan Gender Laki-laki Dalam Kolom Hot Papa Pada Rubrik Jawa Pos For Her
  2. Dinamika Perjodohan Dalam Ranah Privat Dan Publik
  3. Kh Ahmad Dahlan Mendirikan Muhammadiyah
  4. Penggunaan Facebook Sebagai Media Internet Marketing
  5. Remaja Dan Bahasa: Negosiasi Budaya Arek Melalui Penggunaan Bahasa Oleh Remaja
  6. Strategi Manajemen Konflik Pada Romantic Relationships
  7. Peran Gatekeeper Dalam Jurnalisme Radio Merdeka Fm Dan Suara Surabaya