UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 3 / No. 1 / Published : 2014-06

Order : 2, and page :66 - 75

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Strategi media relations divisi penerangan sosial budaya (pensosbdud) kbri australia terkait pemberitaan kasus organisasi papua merdeka (opm).

Author :

  1. Enggar Dwi Ammy JF *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK             Penelitian ini membahas strategi media relations yang dilakukan Divisi Penerangan Sosial Budaya (Pensosbud) KBRI Australia terkait pemberitaan kasus Organisasi Papua Merdeka (OPM). Sebagai humas (hubungan masyarakat), Pensosbud KBRI Australia melakukan kegiatan media relations. Strategi media relations yang dilakukan Pensosbud adalah press statement, press release, dan press gathering. Dalam melakukan strategi tersebut, Pensosbud memberikan informasi, konfirmasi, dan edukasi terhadap wartawan dan media massa Australia mengenai kasus OPM. Hal tersebut dilakukan agar citra Indonesia tetap baik di mata internasional. Selain itu, inti dari strategi yang dilakukan Pensosbud adalah membina interpersonal relations dengan wartawan. Dengan begitu akan terjalin hubungan mutual benefit diantara kedua pihak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, tipe penelitian deskriptif, dan menggunakan metode studi kasus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan cara melakukan wawancara mendalam (indepth interview) dan pengamatan, serta dokumentasi.   Kata kunci: media relations, strategi media relations.

Keyword :

media relations, strategi media relations.,


References :

Rudy May Teuku, ,(2005) Komunikasi dan Humas Internasional Bandung : Refika Adhitama

Irintara Yosal, ,(2005) Media Relations Konsep, Pendekatan, dan Praktik Bandung : Simbiosa Rekatama Media





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 1 / Pub. : 2014-04
  1. Mitos Ibu Dalam Tayangan Reality Show Ibu Di Trans Tv
  2. Wacana Peran Perempuan Dalam Kolom Story Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos
  3. Identitas Sinden Dalam Novel Indonesia
  4. Opini Masyarakat Surabaya Terhadap Tayangan Acara “reportase Investigasi”di Trans Tv
  5. Teknik-teknik Komunikasi Pemasaran Anggota Komonshop Indonesia Melalui Social Media
  6. Strategi Media Relations Divisi Penerangan Sosial Budaya (pensosbdud) Kbri Australia Terkait Pemberitaan Kasus Organisasi Papua Merdeka (opm).
  7. Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Rumah Cantik Citra Di Surabaya
  8. Tahapan Hubungan Menuju Pernikahan (commited Romantic Relationship) Pada Etnis Arab Di Kampung Arab Ampel, Surabaya
  9. Motif Pendengar Aktif Program Ebs Nine One One Dalam Mendengarkan Dan Mengirimkan Sms Pada Fitur Sos Number
  10. Gambaran Perempuan Karir Dalam Program News For Woman Sbo Tv
  11. Difusi Inovasi Jaring Pengusir Burung Pada Kelompok Tani Sumber Makmur Di Desa Kalibelo, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri
  12. Representasi Identitas Remaja Perempuan Indonesia Dalam Majalah Gogirl!
  13. Penerapan Promotional Tools Pada Umkm “amble Footwear”
  14. Pembentukan Couple Types Berdasarkan Komunikasi Dalam Menjalankan Role Family Function Pada Keluarga Dengan Stay At Home Dad
  15. Strategi Integrated Marketing Communications (imc) Dalam Reposisi Pada Cv. Khatulistiwa International Cargo