UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 3 / No. 1 / Published : 2014-06

Order : 2, and page :87 - 97

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Tahapan hubungan menuju pernikahan (commited romantic relationship) pada etnis arab di kampung arab ampel, surabaya

Author :

  1. Fadhilla*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK             Penelitian ini memiliki urgensi membahas hubungan romantic relationship yang terkait dengan aspek budaya, yaitu untuk melihat tahapan hubungan yang dilalui oleh pasangan etnis Arab. Topik ini menarik untuk dibahas karena adanya fenomena hubungan romantic relationship pada pasangan etnis Arab. Mayoritas etnis Arab masih memegang teguh ajaran dalam Agama Islam dan tradisi yang berlaku di kalangannya serta terdapat beberapa faktor yang mendasari proses pemilihan pasangan dalam etnis Arab. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif tipe deskriptif dengan melakukan indepth interview. Subjek penelitian adalah pasangan suami istri etnis Arab yang berdomisili di Kampung Arab Ampel dan masih pada masa awal perkawinan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa tahapan hubungan menuju pernikahan yang dilalui oleh pasangan etnis Arab di Ampel memiliki kekhasan tersendiri, baik dari cara pemilihan jodoh, proses kedekatan, cara berkomitmen, pengambilan keputusan serta tata cara proses pelaksanaan pernikahan. Kata kunci : tahapan hubungan romantic relationship, etnis Arab, Ampel.

Keyword :

tahapan hubungan romantic relationship, etnis Arab, , Ampel,


References :

Aminah,(2007) Penyesuaian Perkawinan Pada Janda yang Menikah Lagi di Kalangan Etnis Arab Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta

DeVito, Joseph A,(2004) Interpersonal Communication, 10th ed New Mexico : Longman Inc





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 1 / Pub. : 2014-04
  1. Mitos Ibu Dalam Tayangan Reality Show Ibu Di Trans Tv
  2. Wacana Peran Perempuan Dalam Kolom Story Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos
  3. Identitas Sinden Dalam Novel Indonesia
  4. Opini Masyarakat Surabaya Terhadap Tayangan Acara “reportase Investigasi”di Trans Tv
  5. Teknik-teknik Komunikasi Pemasaran Anggota Komonshop Indonesia Melalui Social Media
  6. Strategi Media Relations Divisi Penerangan Sosial Budaya (pensosbdud) Kbri Australia Terkait Pemberitaan Kasus Organisasi Papua Merdeka (opm).
  7. Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Rumah Cantik Citra Di Surabaya
  8. Tahapan Hubungan Menuju Pernikahan (commited Romantic Relationship) Pada Etnis Arab Di Kampung Arab Ampel, Surabaya
  9. Motif Pendengar Aktif Program Ebs Nine One One Dalam Mendengarkan Dan Mengirimkan Sms Pada Fitur Sos Number
  10. Gambaran Perempuan Karir Dalam Program News For Woman Sbo Tv
  11. Difusi Inovasi Jaring Pengusir Burung Pada Kelompok Tani Sumber Makmur Di Desa Kalibelo, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri
  12. Representasi Identitas Remaja Perempuan Indonesia Dalam Majalah Gogirl!
  13. Penerapan Promotional Tools Pada Umkm “amble Footwear”
  14. Pembentukan Couple Types Berdasarkan Komunikasi Dalam Menjalankan Role Family Function Pada Keluarga Dengan Stay At Home Dad
  15. Strategi Integrated Marketing Communications (imc) Dalam Reposisi Pada Cv. Khatulistiwa International Cargo