ISSN 2302-8777
Vol. 2 / No. 3 / Published : 2013-09
Order : 2, and page :17 - 31
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Analisis atribut budaya nasional dalam promosi online toshiba corporation
Author :
- Anita Kurnia Rachmawati*1
- -
Abstract :
Sejak awal ditemukannya world wide web pada 1990-an sampai saat ini ditemukanperubahan pada pola-pola promosi perusahaan yang dilakukan melalui halamansitus online mereka. Sejak 1998 hingga 2008 terbukti bahwa tingkat signifikansibudaya negara asal pada halaman situs online perusahaan internasional mulaiberkurang. Selain itu ditemukan juga pergerakaan menuju homogenitas dimanabudaya yang ditunjukkan dengan beberapa indikator dalam situs online perusahaanmulai serupa satu dengan yang lain dan semakin universal. Namun ternyata terdapatbeberapa perusahaan internasional besar yang tidak serta merta mengikuti tren ini,salah satunya adalah Toshiba Co. yang masih jelas menggunakan halaman situsonline yang berkarakter budaya Jepang yang juga serupa dengan budaya Asia.Penelitian kali ini membahas alasan dibalik keputusan Toshiba Co. untuk tetapmenggunakan desain situs online sesuai karakter budaya nasonalnya. Penelitian inidibantu dengan teori mengenai strategi regional yang menunjukkan keefektifanaktivitas perusahaan apabila difokuskan pada segmen geografis tertentu dan teoriterkait regionalisasi ekonomi yang mendorong keuntungan apabila perusahaan fokuspada regional asal perusahaan. Berdasarkan temuan hasil penelitian disumpulkanbahwa regionalisasi memberikan lingkungan bisnis yang menguntungkan di Asiasehingga Toshiba menjadikan Asia sebagai fokus kegiatan bisnisnya. Dengandemikian maka promosi online-nya juga difokuskan untuk memenuhi kebutuhanpasar utamanya tersebut. Pemilihan Jepang dan Asia sebagai fokus pasar Toshibadidasari oleh fenomena regionalisasi ekonomi yang memusatkan kegiatan bisnis danekonomi di kawasan.
Keyword :
regionalisasi, strategi regional, budaya nasional, promosi online, Toshiba Co.,
References :
Daniel P Sullivan, et. al. ,(2007) International Business: Environment and Operations. New Jersey : Pearson Prentice Hall
Amit J. Shah, et. al.,(2009) Introduction to Business. New York: : McGraw-Hill
Frankel, Jeffrey,(0000) The Regionalization of the World Economy. Chicago : University of Chicago Press
Porter, Michael E. ,(1980) Strategi Bersaing: Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing. Jakarta : Penerbit Erlangga
Wild, John J., Wild, Kenneth L & Han, Jerry C. Y.,(2008) International Business: The Challenges of Globalization. New Jersey : Pearson Prentice Hall
Archive Article
Cover Media |
Content |
Volume : 2 / No. : 3 / Pub. : 2013-09 |
- Pengaruh Ikhwanul Muslimin Terhadap Politik Luar Negeri Mesir Dalam Konflik Israel-palestina
- Analisis Atribut Budaya Nasional Dalam Promosi Online Toshiba Corporation
- Politik Energi Rusia Dan Dampaknya Terhadap Eropa Terkait Sengketa Gas Rusia-ukraina 2006-2009
- European Union’s Protection Policy Towards United States Beef Imports Analysis
- Faktor Penyebab Konflik Pasca Partisi Sudan-sudan Selatan Tahun 2011-2012
- Bilateral Free Trade: Hubungan Perdagangan Indonesia-china Dalam Kerangka Acfta
- Pengaruh Trips Dalam Bisnis Benih Transgenik Mnc Terhadap Isu Ketahanan Pangan Studi Kasus: Monsanto Di Lahan Pertanian Indonesia
- Konstruksi Identitas Dan Politik Luar Negeri Indonesia Dalam Kasus Sengketa Ambalat Tahun 2005
- Normalisasi Hubungan Bilateral Georgia-rusia Pascakonflik Tahun 2008
- Keterlibatan Rusia Dalam Upaya Resolusi Konflik Nagorno-karabakh Antara Armenia Dan Azerbaijan 2008- 2012
- Implementasi Heart Of Borneo Oleh Indonesia Dan Malaysia Dalam Mengatasi Illegal Logging Di Hutan Perbatasan Kalimantan Timur
- Koneksi Al-qaeda Dan Aqim Di Mali Utara: Ideologi, Jaringan, Dan Aktivisme
- Strategi Jepang Dan Korea Selatan Dalam Menyelesaiakan Sengketa Teritorial Pulau Takeshima / Dokdo
- Etnisitas Dan Politik Luar Negeri: Respon Turki Terhadap Penindasan Etnis Uyghur Di Xinjiang
- Kebijakan Pemerintah Australia Terkait Permasalahan Irregular Maritime Arrivals Periode Kepemimpinan Perdana Menteri Julia Gillard Tahun 2010-2012
- Dua Belas Tahun Aksesi Keanggotaan Arab Saudi Dalam World Trade Organization (wto) : Pengaruh Politik Dalam Negeri
- Proteksionisme Amerika Serikat Pasca Krisis Finansial 2008
- Pengaruh Krisis Pangan Global 2008 Terhadap Ketahanan Pangan Negara Haiti
- Pengaruh Kebijakan Sertifikasi Ecolabel Uni Eropa Terhadap Tingkat Penjualan Produk Komputer Perusahaan Asustek Computer Inc. Di Kawasan Uni Eropa Tahun 2008-2012
- Pengaruh Cina Terhadap Taiwan Terkait Penerimaan Prinsip Satu Cina Oleh Taiwan Tahun 2008
- Pengaruh Asean Economic Community Terhadap Strategi Akuisisi Yang Dilakukan Maybank Ke Bii
- Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Cina Dalam Membuat Regulasi Human Organ Transplantation Tahun 2002-2007
- Implementasi Convention On The Elimination Of All Forms Discrimination Against Women (cedaw) Terhadap Kasus Kekerasan Seksual Di Wilayah Shan Myanmar Pada 1996-2001
- Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Nilai Non-intervensi Pada Organization Of African Unity (oau)
- Pengaruh Students For A Democratic Society Dan Vietnam Veterans Against War (1964-1973) Terhadap Perubahan Kebijakan Luar Negeri Amerika Serikat Dalam Mengakhiri Perang Vietnam
- Faktor Kultural Dan Ekonomi Sebagai Penyebab Peningkatan Kasus Perdagangan Manusia Di Thailand Periose 2006-2011
- Permintaan Kenaikan Upah Minimum Buruh Bangladesh Oleh H&m: Analisis Hubungan Negara Dan Perusahaan
|