Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi
ISSN 2301-7090
Vol. 6 / No. 2 / Published : 2017-12
Order : 3, and page :26 - 37
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Hubungan kualitas pelayanan dan kepercayaan dengan loyalitas pelanggan pada online shop
Author :
- Annisastia Intan*1
- Cholichul Hadi*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan pada online shop. Data diperoleh menggunkan metode survey dengan skala loyalitas pelanggan yang disusun berdasarkan teori milik Gremler dan Brown (1995) yang terdiri dari 7 aitem, kualitas pelayanan dari teori milik Parasuraman, Zeithaml & Berry (1988) yang terdiri dari 26 aitem, dan kepercayaan dari teori milik Cheung dan Lee (2006) yang terdiri dari 20 item. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik multiple correlation dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kepercayaan secara signifikan berhubungan dengan loyalitas pada pelanggan online shop sebesar p= 0.00. Selain itu hasil penelitian mengungkapkan bahwa kualitas layanan dan kepercayaan memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan sebanyak 25% (p<0,05).
Keyword :
kualitas pelayanan, kepercayaan, loyalitas pelanggan, online shop,
References :
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
Volume : 6 / No. : 2 / Pub. : 2017-12 |
|