Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi
ISSN 2301-7090
Vol. 7 / No. 1 / Published : 2018-12
Order : 1, and page :1 - 15
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Hubungan modal psikologis (psychological capital) dengan intrapreneurship karyawan pada industri kosmetik lokal indonesia
Author :
- Shinta Kristian Candi*1
- Cholichul Hadi*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara modal psikologis dengan tingkat intrapreneurship karyawan yang bekerja pada industri kosmetik lokal Indonesia. Penelitian ini dilakukan terhadap karyawan divisi Sales dan Marketing di PT Rembaka dengan jumlah subyek penelitian 23 orang. Alat ukur penelitian ini menggunakan Organizational Psychological Capital Scale yang dibuat oleh Luthans (2007) dan alat ukur Intrapreneurship Behavior yang dibuat sendiri oleh penulis berdasarkan teori Intrapreneurship Behavior milik de Jong (2011). Reliabilitas untuk alat ukur Organizational Psycap Scale sebesar 0,756 sedangkan pada alat ukur intrapreneurship sebesar 0,768. Analisis dilakukan dengan teknik Spearman’s Rho. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara modal psikologis dengan intrapreneurship karyawan (ρ=0,444;p<0,05). Pengelompokan usia dan tingkat otonomi subyek penelitian juga menunjukkan hubungan signifikan dengan hasil intrapreneurship (ρ=0,017;p<0,05), (ρ=0,021;p<0,05).
Keyword :
industri kosmetik lokal, intrapreneurship, modal psikologis,
References :
Simon, J., & Buitendach, J. (2013). Psychological Capital, Work Engagement and Organizational Commitment Among Call Centre Employees in South Africa. SA Journal of Industrial Psychology 39 (2).
Wineman, J., Kabo, F., & Davis, G. (2009). Spatial and Social Networks in Organizatinal Innovation. Environtment and Behavior 41 (3), 427-442.
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
Volume : 7 / No. : 1 / Pub. : 2018-12 |
|