Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi
ISSN 2301-7090
Vol. 8 / No. 2 / Published : 2019-06
Order : 1, and page :1 - 10
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Pengaruh electronic word of mouth (ewom) terhadap intensi pembelian produk pakaian pada konsumen muda melalui media online
Author :
- Sabrina Puspa Gassany*1
- Fendy Suhariadi*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth atau eWOM terhadap intensi pembelian produk pakaian pada konsumen muda melalui media online. Electronic word of mouth adalah semua komunikasi informal yang diarahkan pada konsumen melalui teknologi berbasis Internet yang terkait dengan informasi mengenai penggunaan atau karakteristik barang dan jasa tertentu, atau penjual (Litvin, Goldsmith, & Pan, 2005). Sedangkan, intensi pembelian secara online adalah keinginan atau kemungkinan individu untuk melakukan pembelian melalui situs atau terlibatnya individu dalam sebuah transaksi secara online (Yoo & Donthu, 2001). Total responden sebanyak 126 dengan usia 15-20 tahun. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Electronic Word of Mouth Scale dan Purchase Intention Scale. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara electronic word of mouth dengan intensi pembelian secara online. Koefisien korelasi antara kesejahteraan psikologis dengan keterlibatan karyawan adalah sebesar 0,286 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 (p<0,05). Sehingga, jika electronic word of mouth meningkat, maka intensi pembelian secara online juga akan meningkat.
Keyword :
electronic word of mouth, intensi pembelian secara online, konsumen muda,
References :
Mirabi, V., Akbariyeh, H., & Tahmasebifard, H. (2015). A Study of Factors Affecting on Customers Purchase Intention. Journal of Multidisciplinary Engineering Science and Technology.
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 8 / No. : 2 / Pub. : 2019-06 |
|