UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi

ISSN 2301-7090

Vol. 2 / No. 1 / Published : 2013-04

Order : 2, and page :8 - 13

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Strategi retensi high value worker di organisasi nirlaba wvi area urban surabaya

Author :

  1. Alda Azza Effendy*1
  2. Berlian Gressy Septarini, M.Psych*2
  1. -
  2. -

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran strategi retensi high value worker di organisasi nirlaba WVI area urban Surabaya. Karyawan bernilai tinggi atau high value worker adalah karyawan yang dianggap mempunyai nilai investasi tinggi bagi perusahaan, yang mempunyai karakteristik dan spesialisasi pada bidang tertentu, tidak dapat ditiru oleh organisasi sejenis dan harus dipertahankan oleh perusahaan (Dibble, 1999). Karyawan bernilai tinggi atau high value worker berperan besar dalam mencapai keberhasilan organisasi. Pengertian retensi sendiri adalah sebuah pergerakan sukarela yang dilakukan oleh organisasi untuk menghasilkan lingkungan dimana karyawan akan bertahan pada jangka panjang (Chaminade, 2007 dalam Samuel & Chipunza, 2009).  Terdapat beberapa strategi retensi yaitu pays, managing expectation, induction, family-friendly HR practice, training and development dan improving the quality of line management (Torrington, dkk., 2008). Penelitian ini dilakukan di organisasi nirlaba WVI area urban Surabaya dengan subjek urban manager dan high value worker sebagai partisipan. Seluruh proses penelitian dilakukan di Surabaya. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara. Analisis data dilakukan dengan metode analisis temati. Dari hasil analisis data diperoleh hasil bahwa gambaran strategi retensi high value worker di organisasi nirlaba WVI urban Surabaya dapat dilihat dari berbagai kombinasi strategi retensi. Yaitu induction, managing expectation, training and development.

Keyword :

strategi retensi, high value worker, organisasi nirlaba,


References :

Boyatzis, R.E,(1998) Transforming Qualitative Information: Thematic Analysis and Code Development California : SAGE Publications, Inc.





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 1 / Pub. : 2013-04
  1. Consumer Trust In Online Gadget Buying
  2. Strategi Retensi High Value Worker Di Organisasi Nirlaba Wvi Area Urban Surabaya
  3. The Passion Dynamics Of The Creative Workers In Pt Prime Surabaya
  4. Calling Meaning Making On Catholic Priests
  5. Kepribadian Entrepreneur Pada Mahasiswa Universitas Airlangga
  6. Hubungan Employee Engagement Dengan Perilaku Produktif Karyawan
  7. Hubungan Family Supportive Supervision Behaviors Dengan Work Family Balance Pada Wanita Yang Bekerja
  8. Correlation Between Perceived Organizational Support With Organizational Citizenship Behavior At Pt Enseval Putera Megatrading Transportation Division Sidoarjo Branch