UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Japanology

ISSN 2302-2876

Vol. 7 / No. 2 / Published : 2019-03

Order : 8, and page :229 - 241

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Analisis resepsi 9 pemain gim terhadap penggambaran sejarah dalam gim kantai collection di indonesia

Author :

  1. Hilman Ayyub al Anshari*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya

Abstract :

Kantai Collection adalah nama salah satu web game asal Jepang yang mengangkat tema kapal perang yang dipersonifikasikan menjadi gadis–gadis kapal. Munculnya Gim Kantai Collection yang mengangkat tema kapal-kapal bersejarah yang pernah turut andil dalam perang kelautan Jepang menjadi salah satu alternatif untuk mengenalkan sejarah pada pemuda Jepang. Usaha tersebut sukses besar bahkan turut menarik perhatian banyak pemain bahkan orang non-Jepang dan membuat Gim ini menjadi bahan penelitian yang cukup relevan dengan penelitian budaya Jepang sebagai salah satu sub-culture Jepang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data yang diperoleh melalui wawancara dengan 9 narasumber pemain Kantai Collection di Indonesia yang bertujuan untuk menganalisa bagaimana penerimaan narasumber terhadap penggambaran sejarah yang ada dalam Kantai Collection. Dengan menggunakan teori resepsi encoding-decoding oleh Stuart Hall peneliti menemukan bahwa Gim tersebut dapat menarik minat pemain untuk mencari tahu sejarah.

Keyword :

Browser Game, Kantai Collection, Personifikasi, Sejarah kelautan Jepang, Sejarah kapal perang Jepang,


References :

Pratiwi, Ratih,(2016) Pemain Otome Game di Surabaya: Romantisme, Relaksasi dan Betsu Kare Vol 1 : Universitas Airlangga

Barker, Chris,(2000) Cultural Studies: Teori dan Praktik, terjemahan Nurhadi Vol 1 : Kreasi Wacana

Indranata, Iskandar,(2008) Pendekatan Kualitatif untuk Pengendalian Kualitas Vol 1 : Universitas Indonesia

McCall, Jeremiah,(2016) Teaching History With Digital Historical Games Vol 1 : Sage

Stille, Mark ,(2014) The Imperial Japanese Navy in the Pacific War Vol 1 : Osprey





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 7 / No. : 2 / Pub. : 2019-03
  1. Tujuan Utama Dalam Melakukan Burikko : Tinjauan Resepsi Empat Wanita Muda Jepang
  2. Perspektif Fujoshi Terhadap Interaksi Antar Sesama Pria Dalam Manga Watashi Ga Motete Dousunda
  3. Hubungan Makna Fukugoumeishi Dengan Struktur N+n Dalam Buku Jlpt Nihongo Nouryoku Shiken Taagetto 2000 N2 Tango
  4. Analisis Keterkaitan Kigo 「縮み」 Chijimi Dengan Tokoh Komako Dalam Novel『雪国』yukiguni Karya Kawabata Yasunari
  5. Analisis Makna Chokugo Pola Ungkapan Ru Nari Dan To Sugu Dalam Sebuah Kalimat
  6. Perangkat Kohesi Gramatikal Wacana Dalam Akun Instagram C Channel
  7. Manifestasi Konsep Kawaii Dalam Video Klip “megitsune” Oleh Babymetal
  8. Analisis Resepsi 9 Pemain Gim Terhadap Penggambaran Sejarah Dalam Gim Kantai Collection Di Indonesia
  9. Bentuk Inferioritas Tokoh Perempuan Dalam Novel Out Karya Natsuo Kirino
  10. Usaha Ayah Menumbuhkan Semangat Dan Motivasi Anak: Sebuah Gambaran Kyouiku Papa Di Jepang Dalam Drama Tv “gekokujou Juken”
  11. Struktur Pembentukan Wakamono Kotoba Dalam Anime Gekkan Shoujo Nozaki-kun Episode 1-12 Karya Tsubaki Izumi