Japanology
ISSN 2302-2876
Vol. 7 / No. 1 / Published : 2018-09
Order : 5, and page :52 - 66
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Konsumsi virtual item pada gamer jepang dalam social game fate/grand order
Author :
- Aryo sahid Sofyandi*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya
Abstract :
Social game adalah game berbasis aplikasi dengan membutuhkan akses internet untuk memainkannya. Pemain dapat memainkainnya secara gratis dengan mendownload aplikasi melalui google store maupun apple store. Salah satu social game yang terkenal di Jepang saat ini adalah Fate/Grand Order. Meskipun dapat dimainkan secara gratis, game ini tetap bisa menarik menarik keuntungan dari pemainnya, yang tidak hanya ingin bermain game tetapi juga menyelesaikan misi game dengan cepat dan mudah serta melengkapi koleksi item dan karakter yang dinginkan. Antusias gamer Fate/Grand Order mendorong mereka untuk mengeluarkan uang yang cukup besar. Penelitian ini bertujuan mencari tahu perilaku gamer Jepang dalam konsumsi virtual item pada game Fate/Grand Order. Penelitian ini mendapatkan data melalui metode sampling dengan menyebarkan kuesioner melalui media social kepada mahasiswa yang memainkan game ini. Penelitian ini menggunakan konsep nilai virtual item untuk melihat fenomena konsumsi virtual item dalam game Fate/Grand Order. Penelitian ini menemukan bahwa responden mengeluarkan uang yang cukup besar untuk mendapatkan karakter dengan alasan yang subjektif untuk masing-masing responden. Seperti mendapatkan karakter favorit hingga memperkuat karakter.
Keyword :
social game, Fate/Grand Order, Jepang, gamer,
References :
Ernkvist, Mirko,(2012) The Japanese Social Game Industry 2013 : Mitsubishi Research Institute
Ernkvist, Mirko,(2013) The Japanesee Social Game Industri Q1 : The Research Grant Counsil Hongkong Special Administration Region
Lehdonvirta, Vili,(2009) Virtual Consumption Vol 1 : Turku School of Economics
Shibuya, Akiko, Teramoto, Mizuha, and Shoun Akiyo,(2015) Systematic Analysis of In Game Purchases and Social Features of Mobile Social Games in Japan 2015 : Digital Game s Research Association
Kanerva, Taija,(2015) Virtual Worlds Apart : A Comparative Study on Digital Games in Japan and West Vol 1 : Department of World Cultures University of Helsinski
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
Volume : 7 / No. : 1 / Pub. : 2018-09 |
|