Japanology
ISSN 2302-2876
Vol. 7 / No. 1 / Published : 2018-09
Order : 1, and page :1 - 18
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Unsur retorika bentuk pada lima tema iklan softbank tahun 2007
Author :
- Dias Lanang Prabowo*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya
Abstract :
Penelitian ini membahas tentang unsur retorika bentuk pada percakapan verbal yang terkandung dalam kumpulan iklan Softbank pada tahun 2007. Keseluruhan iklan tersebut berjumlah 18 buah episode yang terbagi dalam lima tema iklan produk Softbank. Didalam kelima tema iklan produk tersebut, terdapat lima buah jenis unsur retorika bentuk yakni repetisi, reticence, inversi, ellipsis, dan onomatope. Dimana gaya bahasa repetisi sebanyak 10 data, gaya bahasa reticence 1 data, gaya bahasa ellipsis 4 data, gaya bahasa inversi sebanyak 2 data, dan yang terakhir gaya bahasa onomatope sebanyak 1 buah data. Hal ini menunjukkan bahwa gaya bahasa yang paling dominan dalam retorika bentuk adalah gaya bahasa repetisi. Repetisi ditunjukkan sebagai kunci utama iklan Softbank melalui pengulangan-pengulangan pesan utama yang disampaikan dalam iklan Softbank pada bagian akhir iklan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dari lima tema produk iklan yang dipromosikan selama tahun 2007, terdapat teknik retorika yang digunakan Softbank untuk memberikan efek persuasi terhadap produk yang ditawarkan.
Keyword :
prinsip retorika, unsur retorika, gaya bahasa,
References :
Junus, Umar,(1989) Stilistik Satu Pengantar Vol 1 : Dewan Bahasa dan Pustaka Kementrian Pendidikan Malaysia
Keraf, Gorys,(2015) Diksi dan Gaya Bahasa Vol 1 : PT. Gramedia Pustaka Utama
Khasali, Rhenald,(1995) Manajemen Periklanan Vol 1 : Pustaka Utama Grafiti
Okano, Masao., dan Asakawa, Masami,(2004) Terebi Komasharu no Kigoronteki Bunseki---Kokoku Dentsusho Sofuto Dorinku no Baai (dalam Annual Reports of Studies Vol 47 : http://www.bunkyo.ac.jp/faculty /lib/slib/kiyo/jucjcl47/jc4704/pdf
Ratna, Nyoman Kutha,(2004) Teori Metode dan Penelitian Sastra Vol 1 : Pustaka Pelajar
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
Volume : 7 / No. : 1 / Pub. : 2018-09 |
|