UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Japanology

ISSN 2302-2876

Vol. 7 / No. 1 / Published : 2018-09

Order : 1, and page :1 - 18

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Unsur retorika bentuk pada lima tema iklan softbank tahun 2007

Author :

  1. Dias Lanang Prabowo*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya

Abstract :

Penelitian ini membahas tentang unsur retorika bentuk pada percakapan verbal yang terkandung dalam kumpulan iklan Softbank pada tahun 2007. Keseluruhan iklan tersebut berjumlah 18 buah episode yang terbagi dalam lima tema iklan produk Softbank. Didalam kelima tema iklan produk tersebut, terdapat lima buah jenis unsur retorika bentuk yakni repetisi, reticence, inversi, ellipsis, dan onomatope. Dimana gaya bahasa repetisi sebanyak 10 data, gaya bahasa reticence 1 data, gaya bahasa ellipsis 4 data, gaya bahasa inversi sebanyak 2 data, dan yang terakhir gaya bahasa onomatope sebanyak 1 buah data. Hal ini menunjukkan bahwa gaya bahasa yang paling dominan dalam retorika bentuk adalah gaya bahasa repetisi. Repetisi ditunjukkan sebagai kunci utama iklan Softbank melalui pengulangan-pengulangan pesan utama yang disampaikan dalam iklan Softbank pada bagian akhir iklan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dari lima tema produk iklan yang dipromosikan selama tahun 2007, terdapat teknik retorika yang digunakan Softbank untuk memberikan efek persuasi terhadap produk yang ditawarkan. 

Keyword :

prinsip retorika, unsur retorika, gaya bahasa,


References :

Junus, Umar,(1989) Stilistik Satu Pengantar Vol 1 : Dewan Bahasa dan Pustaka Kementrian Pendidikan Malaysia

Keraf, Gorys,(2015) Diksi dan Gaya Bahasa Vol 1 : PT. Gramedia Pustaka Utama

Khasali, Rhenald,(1995) Manajemen Periklanan Vol 1 : Pustaka Utama Grafiti

Okano, Masao., dan Asakawa, Masami,(2004) Terebi Komasharu no Kigoronteki Bunseki---Kokoku Dentsusho Sofuto Dorinku no Baai (dalam Annual Reports of Studies Vol 47 : http://www.bunkyo.ac.jp/faculty /lib/slib/kiyo/jucjcl47/jc4704/pdf

Ratna, Nyoman Kutha,(2004) Teori Metode dan Penelitian Sastra Vol 1 : Pustaka Pelajar





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 7 / No. : 1 / Pub. : 2018-09
  1. Unsur Retorika Bentuk Pada Lima Tema Iklan Softbank Tahun 2007
  2. Analisis Hubungan Makna Heiretsu Kankei Pada Fukugoudoushi Yang Terbentuk Dari Kata Kerja Ireru
  3. Fungsi Shujoushi Pada Variasi Bahasa Perempuan Yang Digunakan Oleh Tokoh Laki-laki Dalam Komik Akb49 Renai Kinshi Jorei
  4. Pandangan Mahasiswa Studi Kejepangan Terhadap Honne-tatemae Saat Berkomunikasi Dengan Mahasiswa Jepang Di Universitas Airlangga
  5. Konsumsi Virtual Item Pada Gamer Jepang Dalam Social Game Fate/grand Order
  6. Pergeseran Tataran Semantik Dalam Lirik Lagu Akb48 Ke Jkt48
  7. Pola Pengaturan Keuangan Rumah Tangga Dan Kedekatan Hubungan Pada Pasangan Kawin Campur Wanita Jepang Dan Pria Amerika
  8. Analisis Krisis Identitas Seksual Dengan Cass Identity Model Pada Tokoh Aihara Yuzu Dalam Manga “citrus” Karya Saburouta
  9. Struktur Ungkapan Pujian Predikat Kelas Kata Sifat Dalam Drama Boku To Star 99 Nichi
  10. Dekonstruksi Dalam Novel “chinmoku” Karya Shusaku Endo
  11. Analisis Pelanggaran Maksim Kualitas Pada Film Komedi Jepang Bokutachi To Chuzai-san No 700 Nichi Sensou