Jurnal Politik Muda
ISSN 2302-8068
Vol. 7 / No. 1 / Published : 2019-11
Order : 7, and page :98 - 110
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Peran partai golongan karya dalam pemenangan khofifah-emil pada pemilihan gubernur jawa timur 2018
Author :
- Cantika Amalia Ramadannisa*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Tulisan ini membahas peran dan pengaruh partai Golongan Karya dalam pemenangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistyanto Dardak pada pemilihan gubernur Jawa Timur 2018. Permasalahan terkait strategi marketing politik partai Golongan Karya dalam masa kampanye Khofifah-Emil di kota Surabaya. Dalam penelitian ini ditemukannya peran partai Golongan Karya lebih besar dari partai lainnya dalam mengkampanyekan Khofifah-Emil. Partai Golongan Karya adalah partai yang berdiri tahun 1969 pada masa akhir pemerintahan Soekarno, yang didirikan oleh militer dan hingga kini masih eksistensi dalam Pemilihan umum di Indonesia. Dengan adanya Emil Dardak sebagai calon Wakil gubernur , partai Golongan Karya berharap untuk menambah potensi suara pada Generasi muda di daerah dan kota di Jawa Timur. Ditemukannya peran partai Golongan Karya menggunakan strategi pemasaran politik Firmansyah, strategi yang digunakan Khofifah-Emil bersama partai Golongan Karya di analisis untuk menjawab pertanyaan pada penelitian ini. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan analisis deskriptif, yakni suatu model penelitian yang berusaha menjelaskan serta menggambarkan fenomena yang ada dan atau menggambarkan fenomena yang pernah terjadi sebelumnya.
Keyword :
pemasaran politik, pemilihan kepala daerah, partai politik,
References :
A. Hirst dan G. Smith,(2001) Strategic Political Segmentation - : European Journal of Marketing
Affan Gaffar,(1999) Politik Indonesia: Transisi Menuju Demokrasi - : Pustaka Pelajar
Firmansyah,(2012) Marketing Politik Antara Pemahaman dan Realitas - : Yayasan Obor Indonesia
Firmansyah,(2009) Mengelola Partai Politik - : Yayasan Obor Indonesia
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 7 / No. : 1 / Pub. : 2019-11 |
|