UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Politik Muda

ISSN 2302-8068

Vol. 5 / No. 2 / Published : 2016-04

Order : 3, and page :171 - 182

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Strategi kampanye partai golkar dalam pemilihan legislatif surabaya 2014

Author :

  1. Lukman I. Marpaung*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Strategi pemilu menjadi aspek yang penting dalam kontestasi untuk memperebutkan kursi dan kekuasaan pada pemilihan umum. Strategi mendorong setiap partai maupun kandidat untuk meraih kemenangan dalam keterbatasan sumberdaya melalui perencanaan strategis. Akan tetapi peranan penting strategi dalam mensukseskan upaya pemenangan tidak selalu memberikan hasil yang maksimal. Partai Golkar pada pemilu legislatif 2014 mengalami penurunan perolehan jumlah kursi. Proses pemilu Partai Golkar pada Pileg Surabaya 2014 tersebut menimbulkan pertanyaan mengenai apa proses penyebab kegagalan itu sendiri, serta bagaimana strategi yang digunakan oleh Partai Golkar. Dari hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kegagalan partai serta mengetahui perencanaan strategis Partai Golkar dalam Pileg Surabaya 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif untuk menjelaskan fenomena penurunan perolehan jumlah kursi serta strategi yang digunakan oleh Partai Golkar dalam pemilu legislatif surabaya 2014. Penelitian ini menggunakan data primer untuk mendeskripsikan proses penyebab penurununan perolehan jumlah kursi dan strategi Partai Golkar sesuai dengan rumusan masalah penelitian. Teori yang digunakan merupakan teori strategi dari Peter Schorder, teori strategi tersebut merupakan teori induk dalam menjelaskan penelitian ini, sedangkan teori strategi kampanye Hafied Cangara merupakan teori untuk memperjelas posisi strategi kampanya pada teori induk. Hasil penelitian ini menjukan faktor penyebab kegagalan Partai Golkar, penjabaran strategi kampanye dan konsolidasi partai dalam Pileg Surabaya 2014. Kegagalan Partai Golkar disebabkan oleh faktor perencanaan strategis khususnya pada tim kerja dan perencanaan jadwal kampanye, serta pengaruh faktor lingkungan yaitu adanya apatisme masyarakat, penundaan pemilu dan politik uang.  

Keyword :

Strategi pemilu, , faktor kegagalan, , kampanye,


References :

Cangara, Hafied. ,(2010) Komunikasi Politik; Konsep, Teori, dan Strategi, 5.2.200 : Rajawali Press, Jakarta.

Firmanzah. ,(2012) Marketing Politik: Antara Pemahaman dan Realita, 5.2.200 : Yayasan Pustaka Obor Indonesia, Jakarta.

Schorder, Peter. ,(2010) Strategi Politik, 5.2.200 : Friedrich-Naumann-Stiftung für die Freiheit, Indonesia.





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 5 / No. : 2 / Pub. : 2016-04
  1. Gerakan Lembaga Swadaya Masyarakatdalam Memperjuangkan Sengketa Lahan Waduk Sakti Sepat Dikelurahan Lidah Kulon Surabaya
  2. Prespektif Giddens Dalam Pola Relasi Petani Di Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk
  3. Strategi Kampanye Partai Golkar Dalam Pemilihan Legislatif Surabaya 2014
  4. Komite Indonesia Untuk Solidaritas Palestina (studi Gerakan Solidaritas Palestina Di Indonesia)
  5. Dampak Pembagian Daerah Pemilihan Dalam Mewujudkan Pemilu Demokratis Di Dapil Iii Jawa Barat (kota Bogor Dan Kabupaten Cianjur)
  6. Orientasi Gerakan Mahasiswa Rapor Merah Jokowi Oleh Bem Seluruh Indonesia Wilayah Jatim Maret 2015
  7. Konflik Antaraktor Dalam Pembebasan Lahan Pembangunan Pelabuhan Internasional Gresik
  8. Relasi Informal Dan Formal Politik Pkb Dalam Penjaringan Calon Bupati Sumenep Tahun 2015
  9. Perilaku Memilih Masyarakat Muslim Pada Pemilu Legislatif Tahun 2014 Di Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro
  10. Pertarungan Kepentingan Politik Dalam Perumusan Rpjm Daerah Kabupaten Mojokerto Tahun 2011-2015
  11. Aktivitas Muhammadiyah Dalam Bermasyarakat Dan Bernegara (studi Muhammadiyah Kabupaten Lamongan)